: Peningkatan Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di Kelas IV SDN 20 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang.

Sriatun, Sriatun (2011) : Peningkatan Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di Kelas IV SDN 20 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SRIATUN_07594_2011.pdf] Text
final_B1_SRIATUN_07594_2011.pdf

Download (434kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi adalah pembelajaran IPS di kelas IV masih dilaksanakan secara konvensional. Guru dalam pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Sementara siswa hanya duduk, diam, dengar, mencatat dan menerima informasi dari guru. Menyikapi kenyataan di atas, perlu diadakan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran di suatu kelas, yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas tersebut. Dalam hal ini model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) merupakan salah satu model pembelajaran yang sangat efektif dan efesien untuk dikembangkan. Model kooperatif tipe STAD ini dilakukan melalui lima tahap, dimulai dari persentasi kelas oleh guru, kegiatan belajar tim, menjawab kuis secara individual, menghitung skor individual dan tim, dan merekognisi tim. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Proses penelitian ini merupakan proses daur ulang atau siklus yang dimulai dari aspek mengembangkan perencanaan, melakukan tindakan sesuai rencana, melakukan pengamatan terhadap tindakan dan melakukan refleksi terhadap perencanaan, kegiatan tindakan, dan kesuksesan hasil yang diperoleh. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus, Siklus I terdiri dari dua kali pertama dan siklus II satu kali pertemuan. Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua kali siklus menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dari hasil observasi aktivitas peserta didik dari 60% siklus I pertemuan 1 menjadi 75% pertemuan 2 pada siklus I dan menjadi 90% pada siklus II. Sementara itu hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dari rata-rata 70 pada siklus I menjadi 80,33 pada siklus II. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pembelajaran IPS di kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, STAD, IPS, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, Aktivitas Siswa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 20 Oct 2025 07:44
Last Modified: 20 Oct 2025 07:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27283

Actions (login required)

View Item
View Item