Studi tentang Kesesuaian Jurusan yang Ditempati Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Padang.

Novialisa, Novialisa (2011) Studi tentang Kesesuaian Jurusan yang Ditempati Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NOVIALISA_72379_2011.pdf] Text
final_B1_NOVIALISA_72379_2011.pdf

Download (546kB)

Abstract

Ketepatan siswa pada jurusan yang ditempati merupakan langkah awalbagi keberhasilannya untuk mencapai cita-cita. Fenomena yang ditemui dilapangan banyak siswa yang mengeluh dengan jurusan yang ditempatinya. Merasajurusan yang ditempati tidak sesuai dengan cita-cita, bakat dan kemampuan yangdimiliki sehingga prestasi belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuanuntuk mendeskripsikan kesesuaian jurusan yang ditempati siswa kelas X SMKNegeri 2 Padang yaitu kesesuaian: (1) antara mata pelajaran jurusan yangditempati dengan kemampuan, bakat dan minat yang dimiliki siswa, (2) antaratujuan jurusan yang ditempati dengan cita-cita pekerjaan dan harapan di masadepan, (3) antara motif siswa memilih jurusan yang ditempatinya dengankenyataan yang ada sekarang, dan (4) antara diri pribadi siswa dengan tuntutansekolah.Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu menggambarkan suatukeadaan atau situasi tertentu sebagaimana adanya. Populasi dalam penelitian iniadalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Padang tahun ajaran 2010-2011. Sampelditarik dengan metode Purposive Sampling, didapatkan 144 orang siswa yangmenjadi sampel. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket, dan datadianalisis dengan menggunakan teknik persentase.Temuan penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Pada umumnya sebagianbesar siswa memiliki kesesuaian antara mata pelajaran jurusan dengankemampuan, bakat dan minat yang dimiliki. Sementara sebagain siswa saja yangtidak sesuai. (2) Sebagian besar terdapat kesesuaian antara tujuan jurusan yangditempati dengan cita-cita pekerjaan dan harapan di masa depan. Sementarasebagian kecil saja yang menyatakan tidak sesuai. (3) Pada umumnya terdapatkesesuaian antara motif memilih jurusan yang ditempati dengan kenyataansekarang seperti cara belajar mereka, keterampilan yang diperoleh danpengetahuan yang diperoleh. (4) Sebagian besar terdapat kesesuaian antara diripribadi siswa dengan tuntutan sekolah. Sementara sebagian kecil saja yangmenyatakan tidak sesuai.Berdasarkan penelitian tersebut disarankan kepada: (1) Kepala Sekolahdiharapkan memperhatikan proses penerimaan siswa, membentuk tim dankerjasama yang baik antara seluruh jajaran Depdiknas dalam penyeleksian siswabaru. (2) Guru pembimbing di SLTP diharapkan dapat membimbing danmemberikan informasi yang berkaitan dengan jurusan yang akan dipilih siswasetamat SLTP, sehingga siswa tidak salah dalam memilih jurusan yang akanditempati nantinya. (3) Bagi peneliti lanjutan dapat meneliti lebih lanjut mengenaipenjurusan siswa di SMK Negeri 2 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KESESUAIAN JURASAN, BIMBINGAN DAN KONSELING
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 20 Oct 2025 07:44
Last Modified: 20 Oct 2025 07:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27280

Actions (login required)

View Item
View Item