Hubungan Kemampuan Memverbalkan Grafik dengan Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten 50 Kota

Yuliana Z, Wulan (2011) Hubungan Kemampuan Memverbalkan Grafik dengan Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten 50 Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_WULAN_YULIANA_76911_1619_2011.pdf] Text
final_B1_WULAN_YULIANA_76911_1619_2011.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga hal. Pertama, siswa memiliki
kemampuan yang rendah dalam memverbalkan grafik. Kedua, siswa memiliki
kemampuan yang rendah dalam menulis. Ketiga, siswa memiliki kemampuan yang
rendah dalam menulis paragraf eksposisi karena siswa kesulitan membedakan tulisan
eksposisi dengan tulisan lain.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan
memverbalkan grafik siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Pangkalan Koto
Baru Kabupaten 50 Kota, (2) mendeskripsikan kemampuan menulis paragraf
eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Pangkalan Koto Baru
Kabupaten 50 Kota, (3) mendeskripsikan hubungan kemampuan memverbalkan
grafik dengan kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten 50 Kota.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan
metode deskriptif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 41
orang. Data penelitian ini diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif dan tes
menulis. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data memverbalkan grafik,
sedangkan tes menulis digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan menulis
paragraf eksposisi. Penganalisisan data dilakukan secara deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai
berikut. Pertama, kemampuan memverbalkan grafik siswa berada pada kualifikasi
baik (87,19%). Kedua, kemampuan menulis paragraf eksposisi siswa berada pada
kualifikasi lebih dari cukup (72,82%). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan
antara kemampuan memverbalkan grafik dengan kemampuan menulis paragraf
eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Pangkalan Koto Baru
Kabupaten 50 Kota pada derajat kebebasan n-2 dan taraf signifikansi 95%. Nilai
r=0,44 dan nilai t hitung yang diperoleh yaitu sebesar 3,043 lebih besar dari nilai t
tabel pada derajat kebebasan 39 dan taraf signifikansi 95% yaitu 1,68.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2025 07:43
Last Modified: 20 Oct 2025 07:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27274

Actions (login required)

View Item
View Item