Wahyuni, Sri (2010) Upaya Meningkatkan Pengembangan Kognitif Anak Melalui Kartu Kata Bergambar Pada Papan Planel di TK Negeri Pembina Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SRI_WAHYUNI_07770_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SRI_WAHYUNI_07770_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SRI_WAHYUNI_07770_2011.pdf
Download (192kB)
Abstract
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di TK Negeri Padang Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk upaya peningkatan pengembangan kognitif anak melalui kartu kata bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah pembelajaran melalui kartu kata bergambar dapat meningkatkan pengembangan kognitif anak dalam mengenal konseo huruf, warna dan macam-macam buah-buahan di TK Negari Pembina Kecamatan Pariaman Tengah. 2) kemampuan anak dalam menyebutkan kata dari kartu kata bergambar di TK Negeri Pembina Kecamatan Pariaman Tengah. 3) kemampuan anak menyusun kepingan huruf di TK Negeri Pembina Kecamatan Pariaman Tengah. 4) kemmpuan anak membaca kartu bergambar di TK Negeri Pembina Kecamatan Pariaman Tengah. Populasi penelitian ini adalah anak kelompok B3 TK Negeri Pembina Kecamatan Pariaman Tengah yang berjumlah 17 orang, yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi/pengamatan kegiatan anak selama melakukan permainan kartu bergambar pada papan planel di TK Negeri Pembina Kecamatan Pariaman Tengah yang dianalisis dengan teknik persentase. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil rata-rata persentase kemampuan kognitif anak dalam permainan kartu kata bergambar dilihat dari sebelum tindakan sampai pada siklus II adalah 13,23% sebelum tindakan 23,49% setelah siklus I dan 88,23% setelah siklus II. Kemampuan kognitif anak mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan permainan kartu kata bergambar pada papan planel dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Negeri Pembina Kecamatan Pariaman Tengah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Kognitif, Kartu Kata Bergambar, Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 07:42 |
Last Modified: | 20 Oct 2025 07:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27266 |