Meningkatkan Kemampuan Pelaksanaan Gerakan Sholat bagi Anak Tunagrahita Ringan melalui Metode Modelling: Single Subject Research DIII / C di SLB YPAC Sumbar

Noparina, Yesi (2011) Meningkatkan Kemampuan Pelaksanaan Gerakan Sholat bagi Anak Tunagrahita Ringan melalui Metode Modelling: Single Subject Research DIII / C di SLB YPAC Sumbar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YESI_NOPARINA_72205_2011.pdf] Text
final_B1_YESI_NOPARINA_72205_2011.pdf

Download (277kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh seorang anak tunagrahita ringan yang masih bermasalah dalam melakukan gerakan sholat (dimulai dari gerakan sholat berdiri tegak lurus sampai pada gerakan salam). Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan gerakan sholat yang benar menurut ajaran agama islam, dan melihat apakah metode modelling efektif dalam mengenalkan gerakan sholat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian single subject research (SSR) dengan disean A-B. Subjek penelitian adalah anak tunagrahita ringan X kelas DII/C. Penilaian dalam penelituan ini konsisten dan mengukur banyaknya jumlah gerakan sholat yang dapat dilakukan dengan benar oleh anak, yaitu 10 bentuk gerakan sholat. Alat evaluasi untuk mengetahui paham tidaknya anak tentang gerakan sholat sebelum maupun sesudah diberi perlakuan dengan metode modelling disajikan dalam bentuk frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan anak tunagrahita ringan X dalam gerakan sholat meningkat, awalnya pada kondisi baseline yang dilakukan dalam lima kali pertemuan anak tidak dapat melakukan gerakan sholat dengan benar,pada kondisi intervensi yang dilakukan sebanyak 12 kali pertemuan kemampuan anak meningkat dan semakin meningkat yaitu sampai anak bisa melakukan gerakan sholat dengan benar ke 10 bentuk gerakan sholat. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes yaitu anak diminta untuk mempraktekkan ke 10 bentuk gerakan sholat dengan benar. Dengan demikian terbukti rumusan masalah yang dikemukakan terjawab bahwa metode modelling efektif dalam mengenalkan bentuk gerakan sholat kepada anak tunagrahita ringan X kelas DIII / C di SLB YPAC Sumbar. Hasil penelitian dalam mengenalkan gerakan sholat pada anak tunagrahita ringan X meningkat, maka peneliti menyarankan kepada guru untuk menggunakan metode medelling dalam mengenalkan gerakan sholat untuk pembelajaran selanjutnya

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: GERAKAN SHALAT, ANAK TUNAGRAHITA RINGAN, METODE MODELLING
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 20 Oct 2025 07:42
Last Modified: 20 Oct 2025 09:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27264

Actions (login required)

View Item
View Item