Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Self Efficacy Akademik Mahasiswa

Yuri, Nabila Permata (2020) Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Self Efficacy Akademik Mahasiswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_NABILA_PERMATA_YURI_16006147_4030_2020.pdf] Text
B1_05_NABILA_PERMATA_YURI_16006147_4030_2020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Self efficacy akademik merupakan keyakinan seorang individu terhadap
kemampuan akademiknya. Mahasiswa sebagai individu yang dituntut memiliki self
efficacy tinggi agar dapat menyelesaikan semua tugas akademiknya, apabila
mahasiswa memiliki self efficacy yang rendah ia tidak mampu memberikan seluruh
kemampuan yang dimilki untuk mencapai diharapkan. Harapan untuk mencapai hal
yang diinginkan tidak jarang mahasiswa menemukan hambatan, untuk itu seorang
mahasiswa mendapatkan suatu dukungan sosial agar meyakinkan dirinya mampu
bertahan dan mewujudkan impian tersebut, oleh karena itu salah satu faktor yang
mempengaruhi self efficacy adalah dukungan sosial. Dukungan sosial yang didapatkan
mahasiswa dapat berasal dari teman sebaya.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Jumlah subjek
penelitian adalah 31 mahasiswa FIP UNP tahun ketiga dan keempat yang memiliki IPK
rendah dengan angka dimulai dari 2,75 ke bawah. Instrumen pengumpulan data
menggunakan angket model skala likert dengan penyebaran angket online
menggunakan google formulir. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
teknik persentase dan pearson product moment correlation dengan program SPSS versi
16.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara umum mahasiswa FIP UNP
mendapatkan dukungan sosial teman sebaya yang rendah (2) secara umum mahasiswa
FIP UNP memiliki self efficacy yang sedang, dan (3) terdapat hubungan yang
signifikan positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan self efficacy mahasiswa
FIP UNP dengan rhitung sebesar 0,616 (tingkat hubungan kuat).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial Teman Sebaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 20 Oct 2025 07:41
Last Modified: 20 Oct 2025 07:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27256

Actions (login required)

View Item
View Item