Pengembangan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dengan Pemanfaatan LKS dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas X SMA Negeri 1 Padang Ganting Tahun Pelajaran 2010/2011

Zulfitra, Rolly (2011) Pengembangan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dengan Pemanfaatan LKS dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas X SMA Negeri 1 Padang Ganting Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ROLLY ZULFITRA_46698_2011.pdf] Text
final_B1_ROLLY ZULFITRA_46698_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Proses pembelajaran matematika yang berlangsung selama ini lebih
terpusat pada guru. Guru lebih banyak aktif dibanding siswa sedangkan siswa
cenderung menunggu sajian dari guru, menunggu tanpa komentar dan tanpa aktif
berfikir. Oleh karena itu guru diharapkan mampu menciptakan kondisi yang dapat
merangsang siswa untuk aktif dalam belajar sehingga memungkinkan terciptanya
interaksi siswa dengan guru serta antara siswa dengan siswa lainnya. Salah satu
upaya yang dapat dilakukan dalam mengaktifkan dan meningkatkan hasil belajar
matematika siswa adalah melalui penerapan model kooperatif tipe Teams Assisted
Individualization (TAI). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah
hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Team-Assisted Individualization (TAI) dengan pemanfaatan LKS
lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model
pembelajaran konvensional ?. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah
hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Team-Assisted Individualization (TAI) dengan pemanfaatan LKS
lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan
pembelajaran secara konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apakah rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran
kooperatif tipe TAI lebih baik dari rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan
model pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan model rancangan
Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas X SMA N 1 Padang Ganting dan sampel penelitian adalah kelas X3
sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam
penelitian ini adalah tes hasil belajar. Pengujian hipotesis menggunakan uji t
dengan bantuan software minitab.
Hasil penelitian didapatkan rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas
eksperimen 75,31 sedangkan kelas kontrol 66,79, dengan simpangan baku kelas
eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 11,35 dan 12,49.
Pengolahan tes hasil belajar dilakukan melalui uji hipotesis dengan menggunakan
uji-t. Uji-t dilakukan dengan menggunakan software minitab. Setelah dianalisis
diperoleh P-Value = 0,008 dengan α = 0,05. Karena P-Value < α maka hipotesis
dalam penelitian ini diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih
baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan
pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2025 04:04
Last Modified: 20 Oct 2025 04:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27255

Actions (login required)

View Item
View Item