Penggunaan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas V SD Negeri 34 Tanah Sirah Kecamatan Lubuk begalung Kota Padang

Putri, Sri Rika (2010) Penggunaan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas V SD Negeri 34 Tanah Sirah Kecamatan Lubuk begalung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SRI_RIKA_PUTRI_07567_2011.pdf] Text
final_B1_SRI_RIKA_PUTRI_07567_2011.pdf

Download (106kB)

Abstract

Kondisi pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) khususnya Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) pada saat ini masih banyak menggunakan model belajar konvensional (metode Ceramah). Pada pembelajaran, siswa hanya menjadi objek, sehingga kurang mendorong potensi yang dimiliki siswa untuk berkembang. Pembelajaran PKn dengan penggunaan metode bermain peran di kelas V SD sangat baik untuk diterapkan. Hal tersebut bertujuan agar siswa mampu memerankan sesuatu ke depan kelas, mempunyai sikap menghargai orang lain, kreatif, belajar memecahkan suatu masalah tertentu serta mampu bergaul dalam lingkungan kelompok maupun kehidupan sosial. Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa kemampuan bermain peran siswa kelas V SD Negeri 34 Tanah Sirah Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang masih rendah, penyebabnya adalah metode ini jarang digunakan dalam pembelajaran PKn. Atas dasar tersebut maka penulis mengadakan penelitian pada bidang studi PKn dengan menggunakan metode bermain peran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan bermain peran. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil berupa nilai yang didapat siswa, yaitu nilai pada siklus I berdasarkan dari penilaian hasil dengan rata-rata adalah 6,96. Sedangkan nilai pada pelaksanaan pembelajaran pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 8,57. Pada tahap perencanaan pembelajaran, kemampuan guru merancang perencanaan pembelajaran semakin meningkat. Hal ini tercermin dari (1) rencana pembelajaran telah mencakup hal-hal yang menjadi dasar penyusunan perencanaan, (2) rencana pembelajaran disusun berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dengan memperhatikan minat dan kebutuhan siswa, (3) rencana pembelajaran telah memuat tugas-tugas pembelajaran secara jelas dan rinci yang mendukung pencapain tujuan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain Peran, Pembelajaran PKn, Hasil Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 20 Oct 2025 04:04
Last Modified: 20 Oct 2025 04:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27254

Actions (login required)

View Item
View Item