Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TI&K di Kelas X MAN Balai Selasa

Ramadhani, Sri (2011) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TI&K di Kelas X MAN Balai Selasa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SRI_RAHMADHANI_77462_2011.pdf] Text
final_B1_SRI_RAHMADHANI_77462_2011.pdf

Download (692kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan yang ditemui di sekolah bahwa pembelajaran TI dan K yang dilaksanakan masih bersifat tradisonal, sehingga belum mampu meningkatkan aktivitas, kreativitas, inovasi dan peran serta siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilaksanakanlah suatu penelitian tentang pembelajaran berbasis proyek yang berbentuk eksperimen. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran Berbasis Proyek pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas X Madrasah Aliyah Negeri Balai Selasa. Hipotesis penelitian adalah terdapat pengaruh yang signifikan penerapan pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI dan K kelas X MAN Balai Selasa Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperiment dengan membandingkan hasil belajar siswa yang belajar dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek dan tanpa menerapkan pembelajaran berbasis proyek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Balai Selasa yang berjumlah 123 orang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, yaitu kelas X B sebagai kelas eksperimen dan X sebagai kelas kontrol masing-masing berjumlah 30 orang siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil test akhir sebanyak 40 soal objektif yang dilakukan setelah penelitian dan sumber data adalah nilai siswa. Kemudian data diolah dengan uji t (t-test). Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen (79) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelompok kontrol (66,6), sedangkan dari uji t diperoleh t hitung 3,71 lebih besar dari t tabel 2,042 pada taraf signifikan α 0,05 yang menandakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelompok eksperimen yang belajar dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek dibandingkan dengan kelompok kontrol yang belajar tanpa menerapkan pembelajaran berbasis proyek pada kelas X MAN Balai Selasa . Dengan demikian dapat diketahui bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar, Teknologi Informasi dan Komunikasi
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 20 Oct 2025 04:04
Last Modified: 20 Oct 2025 09:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27252

Actions (login required)

View Item
View Item