Mulyati, Sri (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Pendekatan Lingkungan bagi Siswa Kelas IV SDN 21 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SRI_MULYATI_90747_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SRI_MULYATI_90747_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SRI_MULYATI_90747_2011.pdf
Download (233kB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah siswa sulit dalam menuangkan ide, siswa hanya mengeluarkan pendapatnya saja dalam menulis deskripsi, dan siswa masih kurang tepat dalam penggunaan EYD. Hal ini disebabkan penerapan pembelajaran masih bersifat konvensional sehingga menimbulkan kejenuhan pada siswa dan berdampak negatif pada keterampilan menulis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah peningkatan tahap prapenulisan, tahap penulisan, dan tahap pascapenulisan pada pembelajaran menulis dengan pendekatan lingkungan bagi siwa kelas IV SDN 21 Bandar Buat. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kiantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksannan, pengamatan, dan refleksi pada masing-masing siklus. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan pendekatan lingkungan dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Hal tersebut tercermin dari penerapan pendekatan ini dapat memotivasi siswa dalam membuat kerangka karangan, mengembangkan karangan menjadi karangan deskripsi, dan mempublikasikan hasil karangan. Dengan pendekatan lingkungan, persentase nilai tahap prapenulisan siklus I adalah 64%, nilai tahap penulisan siklus I adalah 65%, dan nilai tahap pascapenulisan siklus I adalah 66% dengan hasil persentase nilai ratarata siswa siklus I adalah 65% dan pada siklus II nilai tahap prapenulisan siklus II adalah 86%, nilai tahap penulisan siklus II adalah 87%, dan nilai tahap pascapenulisan siklus II adalah 88% dengan hasil persentase nilai rata-rata siswa adalah 87%. Dari hasil pengamatan dan rekapitulasi nilai yang diperoleh siswa, terlihat peningkatan. Maka dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini, peningkatan keterampilan menulis dengan pendekatan lingkungan dapat tercapai dengan baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis, pendekatan lingkungan, penelitian tindakan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 03:29 |
Last Modified: | 20 Oct 2025 03:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27231 |