Pengaruh Pembelajaraan Depp Dialogue/Critical Thinking Berbantukan Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas VIII di SMPN 26 Padang

Monalisa, Sri (2011) Pengaruh Pembelajaraan Depp Dialogue/Critical Thinking Berbantukan Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas VIII di SMPN 26 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SRI_MONALISA_84118_2011.pdf] Text
final_B1_SRI_MONALISA_84118_2011.pdf

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran fisika adalah siswa cenderung pasif selama proses pembelajaran, sehingga kurang optimal dalam mengkaji materi yang dipelajari. Selain itu, guru sering tidak menggunakan media selama proses pembelajaran sehingga siswa kurang memahami hal-hal yang diajarkan. Akibatnya hasil belajar fisika siswa rendah. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan ini dengan menerapkan pembelajaran deep dialogue/critical thinking berbantukan powerpoint. Penerapan pembelajaran deep dialogue/critical thinking berbantukan powerpoint diperkirakan dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh pembelajaran deep dialogue/critical thinking berbantukan powerpoint terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII di SMPN 26 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa pada kelas VIII di SMPN 26 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011. Melalui teknik Purposive Sampling didapatkan kelas VIII sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 4 i 5 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis hasil belajar yang digunakan adalah uji kesamaan dua rata-rata dengan uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah kognitif dan ranah psikomotor, sedangkan ranah afektif melalui interpretasi data yang ditampilkan dalam bentuk grafik secara kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitif di kelas eksperimen adalah 68,83 dan di kelas kontrol adalah 62,74. Nilai rata-rata hasil belajar ranah afektif di kelas eksperimen adalah 71,28 dan di kelas kontrol adalah 56,25. Nilai rata-rata hasil belajar ranah psikomotor di kelas eksperimen adalah 75,2 dan di kelas kontrol adalah 70,5. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah terdapat pengaruh pembelajaran deep dialogue/critical thinking berbantukan powerpoint terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII di SMPN 26 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fisika, Deep dialogue/critical thinking, Powerpoint, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 20 Oct 2025 03:29
Last Modified: 20 Oct 2025 03:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27227

Actions (login required)

View Item
View Item