Analisis Kinerja Birokrasi Pemerintahan Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan

Megawati, Sri (2011) Analisis Kinerja Birokrasi Pemerintahan Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SRI_MEGAWATI_73309_650_2011.pdf] Text
final_B1_SRI_MEGAWATI_73309_650_2011.pdf

Download (193kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kinerja pelayanan yang ditunjukkan oleh pegawai pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan bertujuan untuk menganalisa Kinerja Birokrasi Pemerintahan dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode penarikan sampel dari penelitian ini adalah menggunakan metode sensus yakni seluruh populasi dijadikan sample sebanyak 40 orang pegawai pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan. Data diambil dari alat pengumpul data yang digunakan berupa angket dan wawancara, angket tersebut telah diuji validitas dan realibilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase, dengan bantuan Program SPSS ( Statistic Product Service Solution) versi 15.00 for window. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara persepsi pegawai pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan dengan masyarakat terhadap Kinerja Birokrasi Pemerintahan dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan. Hal ini dapat dilihat dari tanggapan positif yang diberikan pegawai terhadap semua indikator, yaitu indikator kualitas pelayanan, indikator produktifitas, indikator responsivitas, indikator responsibilitas, dan indikator akuntabilitas. Sedangkan kinerja Birokrasi pemerintahan dalam pelayanan administrasi kependudukan yang ditunjukkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan masih kurang baik, hal ini dapat dilihat dari persepsi masyarakat terhadap kurang berkualitasnya kinerja dari para pelayanan publik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kinerja birokrasi pemerintahan, pelayanan administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
J Political Science > JK Political institutions (United States)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 20 Oct 2025 02:59
Last Modified: 20 Oct 2025 02:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27223

Actions (login required)

View Item
View Item