Hambatan-Hambatan Guru dalam Pembelajaran Geografi di SMA Negeri Kabupaten Lima Puluh Kota

Suryani, Wiwing (2011) Hambatan-Hambatan Guru dalam Pembelajaran Geografi di SMA Negeri Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_WIWING_SURYANI_73473_2848_2011.pdf] Text
final_B1_WIWING_SURYANI_73473_2848_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data, informasi dan gambaran
mengenai hambatan-hambatan guru dalam pembelajaran geografi di SMA Negeri
Kabupaten Lima Puluh Kota Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif
dengan metode angket. Dalam pengambilan sampel (subjek penelitian) digunakan
teknik total sampling yaitu seluruh populasi dijadikan sampel. Sampel penelitian
ini adalah seluruh guru geografi di SMA Negeri Kabupaten Lima Puluh Kota.
Jumlah guru yang menjadi subjek penelitian adalah 18 orang. Hasil penelitian
meliputi: 1) Hambatan guru dalam pembelajaran geografi dari segi kompetensi
pedagogic sebesar 8,6%, dipengaruhi oleh dua factor: a) Hambatan dari pihak
guru: materi masih ada yang belum dikuasai, seperti SIG, PJ. Kurangnya waktu
dalam pembelajaran dan kondisi siswa jika diajak kelapangan tidak
memungkinkan. Sarana dan prasarana yang kurang lengkap. b) Hambatan dari
pihak siswa: kemampuan siswa kurang, minat siswa kurang, sikap siswa serta
sumber belajar siswa kurang. 2) hambatan guru dari segi kompetensi professional
sebesar 17,4% umumnya berasal dari pihak guru. Hal ini tergambar dari
banyaknya guru yang belum menguasai cara memperdalam materi ajar serta guru
yang tidak menguasai IT.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: G Geography
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2025 02:59
Last Modified: 20 Oct 2025 02:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27221

Actions (login required)

View Item
View Item