Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Tipe The Power Of Two (Kekuatan Dua Orang) Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri 1 Baso

Hartati, Sri (2011) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Tipe The Power Of Two (Kekuatan Dua Orang) Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri 1 Baso. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SRI_HARTATI_68073_2011.pdf] Text
final_B1_SRI_HARTATI_68073_2011.pdf

Download (230kB)

Abstract

Kemampuan menginterpretasi fakta sejarah siswa masih rendah, disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya proses pembelajan sejarah yang masih berupa penyampaian informasi yang menjadikan peserta didik hanya mampu mengingat. Salah satu tujuan dari pembelajaran sejarah untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar. Salah satu upaya untuk dapat meningkatkan menginterpretasi fakta sejarah melalui model pembelajaran tipe The Power Of Two. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran tipe The Power Of Two terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA N 1 Baso. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan masukan dan mendorong guru sejarah berkreatifitas dalam menggunakan model pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi sejarah serta dapat meningkatkan hasil belajar sejarah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yang mana data diperoleh melalui eksperimen langsung pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Baso yang jumlah siswanya 177 orang yang terbagi dalam enam kelas. Tetapi, yang jadi populasi dalam penelitian ini terdiri dari lima kelas, karena satu kelas merupakan kelas binaan. Pemilihan sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan Random Kelompok dengan asumsi bahwa setiap kelompok memiliki kemampuan dan kebiasaan belajar sejarah yang sama. Pengambilan sampel dilakukan sebanyak dua kelas, untuk kelas eksperimen yaitu kelas XI IPS 2 dan kelas kontrol ialah kelas XI IPS 4. Setelah dilakukan penelitian didapat bahwa hasil belajar menginterpretasikan fakta sejarah pencapaian kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hal ini terlihat dari perbedaan nilai rata–rata pretest dan posttest kelas eksperimen sebesar 9.97 dan perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest kelas kontrol sebesar 6.62. Dengan demikian peningkatan hasil belajar interpretasi fakta sejarah kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar kelas kontrol. Dari analisa hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran The Power Of Two berpengaruh secara nyata/ signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam menginterpretasikan fakta materi pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Baso.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran sejarah, hasil belajar, interpretasi fakta sejarah
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 20 Oct 2025 02:55
Last Modified: 20 Oct 2025 02:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27211

Actions (login required)

View Item
View Item