Helmaliza, Yesi (2011) Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di Kelas X.3 SMAN 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_YESI_HELMALIZA_73667_1134_2011.pdf
Download (195kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai rata-rata ujian semester PKn siswa kelas X.3 SMA N 9 Padang yang dibawah SKBM yang telah ditetapkan yaitu 67. Rendahnya nilai rata-rata ujian semester yang di bawah SKBM tersebut dikarenakan oleh kurang aktifnya siswa dalam belajar. Sehingga proses pembelajaran monoton. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.3 SMA N 9 Padang yang berjumlah 37 orang. Data dikumpulkan melalui lembar observasi yang digunakan untuk melihat perubahan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran siklus I, dan II. Hasil penelitian dari dua siklus menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sejak siklus I, peningkatan itu berlanjut pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Diskusi Kelompok Kecil dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas X.3 SMA N 9 Padang. Penggunaan metode pembelajaran yang tepat merupakan salah satu indikator keberhasilan belajar mengajar. Untuk itu penulis menyarankan kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan untuk menggunakan metode pembelajaran Diskusi Kelompok Kecil ini dalam proses pembelajaran agar aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | DISKUSI KELOMPOK KECIL, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA |
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 02:42 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 02:42 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27209 |
