Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe TANDUR Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VII SMPN 6 Solok Selatan

Yeni, Wiwi Rahma Fitri (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe TANDUR Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VII SMPN 6 Solok Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_Wiwi Rahma Fitri Yeni_66948_2012.pdf] Text
final_B1_Wiwi Rahma Fitri Yeni_66948_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fakta bahwa umumnya siswa kurang aktif dan
kreatif dalam menyelesaikan permasalahan pada mata pelajaran IPA fisika. Oleh
sebab itu, perlu model pembelajaran yang mampu memotivasi dan mendorong
siswa aktif dalam memahami materi sehingga hasil belajar IPA fisika meningkat.
Model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR dapat digunakan untuk
memotivasi dan mendorong minat belajar siswa agar berbuat aktif dan kreatif
dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran IPA fisika. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching tipe
TANDUR terhadap hasil belajar IPA fisika siswa kelas VII SMPN 6 Solok
Selatan.
Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan rancangan
randomized control group only design. Populasi adalah siswa kelas VII SMPN 6
Solok Selatan yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012, yang terdiri dari tiga
rombongan belajar. Pengambilan sampel digunakan teknik cluster sampling.
Sampel adalah kelas VII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII3 sebagai kelas
kontrol. Data penelitian adalah hasil belajar pada ranah kognitif, afektif, dan
psikomotor. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar pada ranah kognitif,
lembar observasi pada ranah afektif, dan rubrik penskoran pada ranah psikomotor.
Hasil penelitian adalah hasil belajar rata-rata pada kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Hasil belajar rata-rata pada ranah kognitif adalah 74,44 pada kelas
eksperimen dan 67,04 pada kelas kontrol. Selanjutnya hasil belajar rata-rata pada
ranah afektif adalah 78,41 pada kelas eksperimen dan 70,2 pada kelas kontrol.
Lebih lanjut hasil belajar rata-rata pada ranah psikomotor adalah 72,6 pada kelas
eksperimen dan 68,5 pada kelas kontrol. Setelah dilakukan uji t terhadap kedua
kelompok sampel pada ranah kognitif didapatkan thitung = 2,8 lebih besar dari ttabel
= 1,67. Pada ranah afektif didapatkan thitung = 2,74 lebih besar dari ttabel = 1,67 dan
pada ranah psikomotor didapatkan thitung = 1,75 lebih besar dari ttabel = 1,67..
Kesimpulan penelitian adalah hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh yang
berarti model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR terhadap hasil
belajar IPA fisika siswa kelas VII SMPN 6 Solok Selatan dapat diterima pada
taraf nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2025 01:24
Last Modified: 20 Oct 2025 01:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27188

Actions (login required)

View Item
View Item