Perbedaan Penggunaan Media Bacaan dan Media Poster terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Persuasi Siswa Kelas X SMA N 2 Padang Panjang Tahun Pelajaran 2010/2011

Yuliyani, Witri (2011) Perbedaan Penggunaan Media Bacaan dan Media Poster terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Persuasi Siswa Kelas X SMA N 2 Padang Panjang Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_WITRI_YULIYANI_83456_5067_2011.pdf] Text
final_B1_WITRI_YULIYANI_83456_5067_2011.pdf

Download (978kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa pembelajaran bahasa Indonesa
sering didominasi oleh guru.Guru menerangkan materi pelajaran di depan kelas,
kemudian memberikan contoh-contoh dan latihan-latihan. Siswa hanya
mendengar, mencatat, sedikit bertanya, dan berdiskusi. Salah satu upaya yang
dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia adalah
dengan menggunakan media yang praktis dan bisa meningkatkan motivasi siswa
dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikankemampuan
menulis paragraf persuasi dengan menggunakan media bacaan siswa kelas X
SMA N 2 Padang Panjang; (2) mendeskripsikan kemampuan menulis paragraf
persuasi dengan menggunakan media poster; dan (3) mendeskripsikan perbedaan
kemampuan menulis paragraf persuasi dengan menggunakan media bacaan dan
media poster siswa kelas X SMA N 2 Padang Panjang.
Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitianRandomized
Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XSMA N 2 Padang
Panjang yang terdaftar pada semester II tahun pelajaran 2010/2011. Sampel
penelitian adalah kelas X.1 sebagai kelas eksperimen I dan kelasX.2 sebagai kelas
eksperimen II. Instrumen penelitian adalah tes menulis paragraf persuasi
menggunakan media bacaan dan poster pada akhir pembelajaran.
Berdasarkan hasil analisis data diketahui rata-rata hasil belajar kelas
eksperimen Iadalah78,12 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen II
adalah65,62 dengan Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan di SMA N 2
Padang Panjang adalah 70. Berdasarkan hasil uji hipotesis data yang dianalisis
dengan menggunakan uji t ketentuan jika thitung> ttabel maka hipotesis diterima.
Berdasarkan analisis data dengan taraf nyata 0,05 didapatkan thitung sebesar 38,81
sedangkan ttabeldengan df = 19 pada taraf kepercayaan 0,05 adalah 1,72. Angka
tersebut menunjukkan bahwa thitung> ttabel. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang
signifikan antara kelas eksperimen Idan kelas eksperimen II pada taraf
kepercayaan 0,05. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis paragraf
persuasi siswa dengan menggunakan media bacaan lebih efektif dibandingkan
dengan kemampuan menulis paragraf persuasi dengan menggunakan media
poster untukkelas X.1 dan X.2 SMA N 2 Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2025 01:24
Last Modified: 20 Oct 2025 01:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27187

Actions (login required)

View Item
View Item