Annisa, Witri (2009) Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat melalui Quantum Learning denganTeknik Tri Fokus Steve Snyder (TFSS) Siswa Kelas XI IPS 14 SMA Adabiah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_WITRI ANNISA 63971-05-09.pdf [thumbnail of final_B1_WITRI ANNISA 63971-05-09.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_WITRI ANNISA 63971-05-09.pdf
Download (138kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca
cepat siswa terhadap bacaan melalui penerapan Quantum Learning dengan Teknik
TFSS pada siswa kelas XI IPS di SMA Adabiah Padang. Hipotesis penelitian ini
adalah terdapat peningkatan kemampuan membaca cepat melalui penerapan
Quantum Learning dengan Teknik TFSS pada siswa kelas XI IPS 14 SMA
Adabiah Padang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek
penelitian siswa kelas XI IPS 14 yang berjumlah sebanyak 38 orang. Data
penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembaran observasi untuk
melihat kegiatan peneliti dan siswa pada siklus I dan siklus II. Selain itu,
pemberian tes untuk melihat peningkatan kecepatan membaca dan pemahaman
bacaan siswa dan penyebaran angket tentang pembelajaran membaca cepat
dengan Teknik TFSS. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
analisis persentase.
Hasil pembahasan menunjukkan peningkatan dalam pembelajaran
membaca cepat dengan penerapan Teknik TFSS. Hal tersebut, dapat dilihat dari
kedua hasil tes kecepatan membaca dan pemahaman bacaan pada penelitian ini
terjadi peningkatan rata-rata kemampuan membaca cepat klasikal pada setiap
siklus dari prasiklus, siklus I, dan siklus II, yaitu 107,4 KPM, 167,7 KPM, dan
285,5 KPM. Hasil tes pada siklus I belum ada siswa yang tuntas secara ideal,
tetapi pada siklus II ada 9 orang dari 38 siswa yang tuntas dengan persentase
23,7%. Proses penerapan Quantum Learning melalui Teknik TFSS dalam
pembelajaran membaca cepat siswa kelas XI IPS 14 SMA Adabiah Padang
dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap
tahapan terdapat perbedaan dan terjadi peningkatan. Perbedaan yang dimaksud
adalah cara penyampaian materi, penggunaan alat dan bahan sebagai media
pembelajaran dan tempat pembelajaran dilaksanakan.
Berdasarkan hasil tes dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca
cepat siswa belum mencapai tingkat ideal, yaitu 300 KPM tetapi hasil penelitian
ini menunjukan bahwa Teknik TFSS cukup efektif untuk meningkatkan
kemampuan membaca cepat siswa kelas XI IPS 14 SMA Adabiah Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 01:24 |
Last Modified: | 20 Oct 2025 01:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27186 |