Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together pada Siswa Kelas X SMAN 2 Padang Panjang

Novriyanti, Wita (2011) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together pada Siswa Kelas X SMAN 2 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_WITA NOVRIYANTI_86165_2011.pdf] Text
final_B1_WITA NOVRIYANTI_86165_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas X
SMAN 2 Padang Panjang terlihat masih rendah dikarenakan sebagian besar materi
pelajaran disampaikan guru dengan metode ceramah. Ini membuat siswa terbiasa
untuk menerima saja materi yang ada tanpa usaha untuk menemukannya sendiri
dan juga membuat siswa sibuk dengan kegiatan masing-masing ketika
pembelajaran berlangsung. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dilakukan
perubahan dalam pembelajaran yang diperkirakan dapat meningkatkan aktivitas
siswa dan hasil belajar, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Rumusan masalah pada
penelitian ini adalah (1) bagaimana aktivitas siswa selama pembelajaran yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas X
SMAN 2 Padang Panjang? (2) apakah hasil belajar matematika siswa dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi dari pada
hasil belajar siswa yang menggunakan pambelajaran konvensional pada siswa
kelas X SMAN 2 Padang Panjang?
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan
randomized control group only design. Sampel dipilih secara acak dari populasi
penelitian yaitu siswa kelas X SMAN 2 Padang Panjang Tahun Pelajaran
2010/2011. kelas X6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X5 sebagai kelas kontrol.
Data aktivitas belajar yang diperoleh dari kelas eksperimen diolah menggunakan
teknik persentase. Data hasil belajar kedua kelas sampel diolah dengan
menggunakan uji t pada tingkat signifikansi � � 0.05.
Hasil analisis data diperoleh bahwa aktivitas siswa kelas X6 SMAN 2
Padang Panjang selama pembelajaran matematika cenderung meningkat pada
setiap pertemuan setelah menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
NHT. Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe NHT lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang
menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukan bahwa penerapan
model Pembelajaran kooperatif tipe NHT berdampak baik terhadap aktivitas dan
hasil belajar matematika siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 20 Oct 2025 01:24
Last Modified: 20 Oct 2025 01:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27185

Actions (login required)

View Item
View Item