Peningkatan Hasil Belajar PKn dengan Menggunakan Pendekatan Contectual Theacing and Learning pada Siswa Kelas V SD N 35 Lubuk Sarik Kecamatan Lengayang kabupaten Pesisir Selatan

Minarti, Melliza (2011) Peningkatan Hasil Belajar PKn dengan Menggunakan Pendekatan Contectual Theacing and Learning pada Siswa Kelas V SD N 35 Lubuk Sarik Kecamatan Lengayang kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MELLIZA_MINARTI_07700_2319_2011.pdf] Text
final_B1_MELLIZA_MINARTI_07700_2319_2011.pdf

Download (198kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru cenderung menggunakan metode
ceramah. Hal ini menyebabkan dalam pembelajaran siswa tidak aktif sehingga
hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
peningkatan hasil belajar PKn melalui pendekatan CTL pada siswa kelas V SD N
35 Lubuk Sarik kecamatan Lengayang kabupaten Pesisir Selatan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dan kwantitatif. Subjek dalam penelitian
tindakan kelas ini adalah guru dan siswa kelas V SDN. 35 Lubuk Sarik. Data
penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes, observasi, wawancara dan
catatan lapangan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana masingmasing
siklus terdiri atas satu kali pertemuan.
Hasil penelitian dari setiap siklus yang telah dilaksanakan dengan
pendekatan CTL menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran
maupun hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian hasil belajar
siswa pada akhir tindakan. Dimana dari aspek kognitif ketuntasan belajar yang
dicapai siswa yaitu 60%, siklus II meningkat menjadi 70% dan siklus III juga
mengalami peningkatan menjadi 93%. Sedangkan ketuntasan belajar yang
diperoleh siswa dari aspek penilaian afektif pada siklus I adalah 60%, siklus II
meningkat menjadi 71% dan siklus III 90%. Selanjutnya dari aspek Psikomotor
ketuntasan belajar yang diperoleh siswa adalah siklus I 53%, siklus II 66% dan
siklus III 90%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 18 Oct 2025 07:00
Last Modified: 18 Oct 2025 07:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27179

Actions (login required)

View Item
View Item