Perbedaan Kemampuan Menulis Deskrsipsi tanpa Media Objek Langsung dengan Media Objek Langsung

Handayani, Putri (2011) Perbedaan Kemampuan Menulis Deskrsipsi tanpa Media Objek Langsung dengan Media Objek Langsung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_PUTRI_HANDAYANI_76909_1856_2011.pdf] Text
final_B1_PUTRI_HANDAYANI_76909_1856_2011.pdf

Download (333kB)

Abstract

Dalam penelitian ini ditemukan permasalahan mengenai pembelajaran
menulis deskripsi yang tidak mendapatkan hasil yang memuaskan pada siswa di
sekolah menengah pertama, khususnya di SMP Negeri 2 Enam Lingkung. Hal ini
disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah, siswa cenderung merasa
malas dalam menulis karena kebanyakan siswa berpendapat bahwa menulis itu
susah. Hasilnya, kebanyakan siswa hanya mencontoh jika guru memberikan
latihan menulis kepada siswa. Selain itu, cara mengajar guru yang selalu
menggunakan metode ceramah dalam mengajar membuat kebanyakan siswa
merasa tidak tertarik dengan pembelajaran menulis. Keterbatasan jam pelajaran
juga menjadi faktor buruknya hasil pembelajaran menulis deskripsi, guru jarang
menerapkan media pembelajaran dalam menulis deskripsi karena singkatnya jam
pelajaran yang ada, apalagi materi deskripsi ini tidak tercantum secara tersendiri
di dalam kurikulum SMP, melainkan dihubungkan dengan materi lain. Hal ini
tentunya menjadi penyebab ketidakberhasilan guru dalam menerapkan media
pembelajaran, apalagi bila media tersebut dilihat secara langsung dan
dilaksanakan di luar kelas.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan
menulis deskripsi tanpa menggunakan media objek langsung dan dengan
menggunakan media objek langsung siswa kelas VIII SMP Negri 2 Enam
Lingkun. Jenis penelitian ini kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode
ekperimen. Metode ekperimen dilakukan untuk melihat akibat dari suatu
perlakuan. Jenis ekperimen yang digunakan adalah pra-ekperimental atau
ekperimen semu. Dalam ekperimen terdapat jenis-jenis desain. Desain yang
digunakan adalah one group pretest-posttest desing atau pemberian tes dilakukan
pada kelompok yang sama. Dengan kata lain kelompok tunggal sering diteliti
tetapi tidak ada perbandingan dengan kelompok nonperlakuan.
Hasil dari penelitian diketahui, bahwa dalam kemampuan menulis
deskripsi tanpa menggunakan media objek lansung siswa kelas VIII-1 SMP
Negeri2 Enam Lingkung berada pada kualifikasi Hampir Cukup, dengan nilai
rata-rata sebesar 48,97 pada rentang nilai 0-100. Untuk kemampuan menulis
deskripsi dengan menggunakanan media objek siswa kelas VIII-1 berada pada
kualifikasi Lebih dari Cukup dengan nilai rata-rata 68,07. Jadi, terdapat perbedaan
yang signifikan antara kemampuan menulis deskripsi tanpa menggunakan media
objek langsung dan berdasarkan media objek langsung dengan t= 8,86

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 18 Oct 2025 02:26
Last Modified: 18 Oct 2025 02:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27175

Actions (login required)

View Item
View Item