Pitria, Melka (2011) Penggunaan Pendekatan Cooperative Learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 20 Payakumbuh Tarok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_MELKA_PITRIA_52115_2011.pdf
Download (212kB)
Abstract
Penelitian ini menggunakan pembelajaran Cooperatif learning tipe STAD
yang merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilandasi oleh kenyataan
dilapangan bahwa masih banyak siswa SD mengalami kesulitan dalam belajar
IPS, rasa persaudaraan dan kerja sama diantara siswa masih kurang dan siswa
sering tidak saling membantu sesamanya.Untuk mengatasinya dilakukan tindakan
dengan menggunakan pembelajaran Cooperatif learning tipe STAD.Tujuan
penelitian ini adalah: mendeskripsikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran,
Pelaksanaan pembelajaran dan Mengevaluasi pembelajaran dengan menggunakan
Pendekatan Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division
(STAD) pada pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 20 Payakumbuh Tarok.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Cooperative Learning tipe STAD
dilakukan 7 tahap: ”(1) persiapan pembelajaran, (2) penyajian materi, (3) kegiatan
belajar kelompok, (4) pemeriksaan terhadap hasil kelompok, (5) siswa
mengerjakan tes secara individual, (6) pemeriksaan hasil tes, (7) penghargaan
kelompok.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran dengan
menggunakan pendekatan Cooperatif learning tipe STAD dapat meningkatkan
hasil belajar siswa pada pembelaran IPS di kelas V sekolah dasar negeri 20
payakumbuh Tarok, terbukti di lihat dari rata-rata hasil belajar siswa siklus I 67
menjadi,rata-rata siklus II 82,5.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
| Date Deposited: | 18 Oct 2025 02:23 |
| Last Modified: | 18 Oct 2025 02:23 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27165 |
