The Effect of Using Collaborative Writing Method in Teaching Writing an Analytical Exposition Text toward Students’ Writing Ability

Harahap, Putri Bungsu (2014) The Effect of Using Collaborative Writing Method in Teaching Writing an Analytical Exposition Text toward Students’ Writing Ability. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_PUTRI_BUNGSU_HARAHAP_12237_1528_2014.pdf] Text
final_B1_PUTRI_BUNGSU_HARAHAP_12237_1528_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Siswa mengalami banyak masalah dalam menulis, diantaranya:
ketidakmampuan untuk mengembangkan ide dan tidak adanya motivasi untuk
menulis. Oleh sebab itu, perlu diterapkan sebuah metode Collaborative Writing
untuk mengatasi masalah dalam menulis ini. Collaborative Writing adalah sebuah
metode yang menuntut siswa menulis sebuah teks secara bersama-sama di dalam
kelompok. Dengan metode ini, siswa dapat bertukar ide dan pikiran, belajar
dengan siswa lainnya dan meningkatkan kemampuan menulis.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian
ini adalah siswa kelas XI SMAN 4 Padang pada tahun ajaran 2013/ 2014 yang
terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPS
1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang dipilih
dengan menggunakan teknik cluster sampling. Masing-masing sampel berjumlah
31 dan 27 orang, sehingga total jumlah sampel keseluruhan adalah 58 orang.
Instrumen yang digunakan adalah tes menulis yang diberikan pada posttest.
Data dari penelitian ini berupa nilai menulis siswa yang dianalisis dengan
menggunakan t-test. T-hitung sebesar 2,13 dan t-tabel sebesar 1,675 yang berarti
t-hitung > dari t-tabel pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil hitungan ini
dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Collaborative Writing pada
pengajaran teks analytical exposition memberikan dampak yang lebih baik
terhadap kemampuan menulis siswa dibandingkan dengan metode yang
digunakan guru di sekolah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: USING COLLABORATIVE WRITING METHOD
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 18 Oct 2025 02:21
Last Modified: 18 Oct 2025 02:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27158

Actions (login required)

View Item
View Item