Zuhra, Wirda (2011) Pengaruh Penggunaan LKS Bergambar Berwarna dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas VIII Semester 1 SMP N 2 Solok Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_WIRDA_ZUHRA_7901_147_2011.pdf
Download (216kB)
Abstract
Guru sebagai fasilitator dan motivator dalam proses pembelajaran
mengharapkan hasil belajar yang baik. Untuk mendapatkan hasil belajar yang baik itu
guru diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan membangkitkan motivasi belajar
siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas dan
motivasi belajar siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan
menggunakan LKS bergambar berwarna. Dengan meningkatnya kreativitas dan
motivasi belajar siswa dalam pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan hasil
belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS
bergambar berwarna dalam pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas VIII
di SMP N 2 Solok terhadap hasil belajar biologi siswa tahun pelajaran 2010/2011.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan
Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VIII SMP N 2 Solok yang terdaftar pada semester 1 tahun pelajaran
2010/2011 yang terdiridari 6 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik
Purposive Sampling sehingga diperoleh kelas sampel yaitu VIII3 sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII1 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang
digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t pada taraf kepercayaan α = 0,05 dan
derajat kebebasan 58 dengan kriteria jika thitung > ttabel hipotesis diterima.
Dari hasil ujian yang telah dilakukan di akhir penelitian diperoleh nilai ratarata
kelas eksperimen (76,33) lebih tinggi dari kelas kontrol (63,33). Berdasarkan
hasil analisis data diperoleh thitung = 5,84 dan harga ttabel = 1,67. Sesuai dengan kriteria
penerimaan hipotesis, bila harga thitung > ttabel maka hipotesis diterima.Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penggunaan LKS
bergambar berwarna dalam pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar
biologi siswa kelas VIII semester 1 SMP N 2 Solok tahun pelajaran 2010/2011
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
| Depositing User: | Risna Juita S.IP |
| Date Deposited: | 18 Oct 2025 02:20 |
| Last Modified: | 18 Oct 2025 02:20 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27157 |
