Rosita, Rosita (2011) Penerapan Strategi CTL dalam Pembelajaran Seni Musik di SMP N 16 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_ROSITA_07926_2087_2011.pdf
Download (148kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi CTL
dalam pembelajaran Seni Budaya di SMP N 16 Padang. Penelitian ini
dilaksanakan di kelas VIII.1 SMP N 16 Padang dengan jumlah murid 40 orang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode
deskriptif analisis. Instrumen yang digunakan pada penelitian meliputi catatan
lapangan dan data dokumentasi. Jenis data penelitian yang digunakan yaitu data
observasi, hasil pengamatan dan studi dokumentasi. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan cara observasi, studi pustaka dan studi dokumentasi. Data
dianalisis dengan menggunakan teknik pengolahan data yaitu mengumpulkan
data, mendeskripsikan serta menyimpulkan data tersebut.
Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: dalam pembelajaran Seni
Budaya di SMP N 16 Padang, guru menerapkan strategi CTL yang diberikan
dalam tiga kali tatap muka. Strategi CTL adalah suatu strategi belajar yang
menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat
menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi
kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkan dalam
kehidupan mereka. Siswa lebih aktif dalam belajar dan termotivasi untuk
menyelesaikan masalah yang ada. Siswa lebih aktif dalam menyelesaikan masalah
dan hasil belajar siswa lebih meningkat karena siswa lebih mandiri. Manfaat yang
diharapkan dalam penelitian ini adalah agar siswa dapat melaksanakan dan
meningkatkan proses belajar. Penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi
CTL di SMP N 16 Padang di bagi tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap
pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Tahap perencanaan: guru mempersiapkan
perangkat mengajar: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Materi
Pelajaran, siswa mempersiapkan alat-alat musik. Tahap pelaksanaan: Sarana dan
prasarana yang mendukung pembelajaran dan usaha guru untuk membentuk
kelompok belajar dalam bentuk strategi CTL dapat memacu pencapaian hasil
belajar siswa dengan baik.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 18 Oct 2025 02:20 |
| Last Modified: | 18 Oct 2025 02:20 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27156 |
