Penerapan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 13 IV Koto Aur Malintang Kabupaten Padang Pariaman

Aster, Meliza (2011) Penerapan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 13 IV Koto Aur Malintang Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MELIZA_ASTER_50601_2011.pdf] Text
final_B1_MELIZA_ASTER_50601_2011.pdf

Download (234kB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa
pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Berdasarkan
pengamatan peneliti ditemukan hasil belajar IPA siswa masih rendah, untuk itu
peneliti melalui penelitian tindakan kelas ini ingin mencoba meningkatkan hasil
belajar IPA dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme pada siswa kelas
IV SD Negeri 13 Koto Aur Malintang Kabupaten Padang Pariaman.
Pendekatan kontruktivisme merupakan suatu pendekatan yang bersifat
membangun pengetahuan siswa dengan mengaitkan ilmu yang sudah ada pada
siswa dengan ilmu baru yang pada prosesnya siswa lebih banyak aktif untuk
menemukan sendiri ilmu tersebut, guru hanya berperan sebagai fasilitator dan
motivator. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang terdiri
dari dua siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan,
refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil
tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil wawancara, dan tes. Subjek
peneliti adalah guru, peneliti (praktisi) dan siswa kelas IV yang berjumlah 24
orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif
dan kuantitatif.
Hasil penilaian penelitian setelah siklus I menunjukan ketercapaian yang
diperoleh siswa pada aspek kognitif 74,5%, aspek afektif 76%, aspek psikomotor
78%, peneliti dilanjutkan pada siklus II yang diperoleh siswa adalah aspek
kognitif 85%, aspek afektif 85%, aspek psikomotor 85%. Telah terjadi
peningkatan dari siklus I ke siklua II. Dengan demikian dapat disimpulkan pada
penelitian tindakan kelas melelui pendekatan kontruntivisme dapat meningkatkan
hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 17 Oct 2025 07:23
Last Modified: 17 Oct 2025 07:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27127

Actions (login required)

View Item
View Item