Rosmaniar, Rosmaniar (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Cooperatif Learning Tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) dalam Pembelajaran IPS di Kelas V SDN 05 Birugo Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_ROSMANIAR_88163_2011.pdf [thumbnail of final_B1_ROSMANIAR_88163_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_ROSMANIAR_88163_2011.pdf
Download (193kB)
Abstract
Berdasarkan hasil studi pendahuluan pada tanggal 25 September 2010
bahwa hasil belajar IPS di kelas V Sekolah Dasar Negeri 05 Birugo Bukittinggi
kurang memuaskan. Ini disebabkan oleh proses pembelajaran IPS masih bersifat
konvensional. Hal ini mengakibatkan siswa mengalami kesulitan memahami
konsep-konsep IPS. Penggunaan Pendekatan Kooperatif Tipe STAD memberikan
kesempatan pada siswa berpikir kritis dan mempersiapan pembelajaran, penyajian
materi, kegiatan belajar kelompok, pemeriksaan terhadap hasil kegiatan
kelompok, siswa mengerjakan soal tes secara individual, pemeriksaan hasil tes,
penghargaan kelompok. Melihat hal tersebut dirumuskan masalah, “Bagaimana
penggunaan Cooperatif Learning Tipe STAD di kelas V SD guna memperbaiki
proses untuk meningkatkan hasil belajar siswa?”
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS
menggunakan Cooperatif Learning Tipe STAD di kelas V SDN 05 Birugo
Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN
05 Birugo Bukittinggi yang berjumlah 32 orang siswa. Ada dua sumber data
dalam penelitian ini, yaitu sumber primer dan sekunder. Data yang diperoleh dari
hasil observasi, tugas atau laporan tertulis, dan hasil tes merupakan data primer,
sedangkan data sekunder yaitu data yang diperoleh sebelum tindakan.
Hasil penelitian memperlihatkan peningkatan hasil belajar siswa dari studi
sebelum tindakan ketuntasan belajar siswa 34% dengan rata-rata nilai 55, setelah
tindakan dilakukan dari siklus I sampai siklus II melalui perbaikan pada proses
pembelajaran mencapai tingkat ketuntasan 88% dengan nilai rata-rata 75. Dengan
demikian, dapat disimpulkan pembelajaran IPS dengan Cooperatif Learning Tipe
STAD dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran IPS pada Kompetensi Dasar I “Menghargai keragaman suku bangsa
dan budaya di Indonesia” dan Kompetensi Dasar II “Mengenal jenis-jenis usaha
dan kegiatan ekonomi di Indonesia."
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 07:22 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 07:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27123 |