Upaya Meningkatkan Kemampuan Pra Menulis melalui Media Tiga Dimensi pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas D.II SLB Gema Insani Padang

Rosmanidar, Rosmanidar (2011) Upaya Meningkatkan Kemampuan Pra Menulis melalui Media Tiga Dimensi pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas D.II SLB Gema Insani Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ROSMANIDAR_50925_2011.pdf] Text
final_B1_ROSMANIDAR_50925_2011.pdf

Download (257kB)

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masih belum
bisanya anak tunagrahita sedang kelas D.II melakukan kegiatan pra menulis,
sehingga hasil tulisan menjadi tebal, kasar dan tidak beraturan. Dari hasil observasi
terlihat anak dalam menulis pensil ditekan agak kuat yang terkadang berjejak ke
belakang kertas. Oleh sebab itu pada penelitian ini digunakan media tiga dimensi
untuk meningkatkan kemampuan pra menulis anak tunagrahita sedang kelas D.II di
SLB Gema Insani Padang.
Penelitian ini menggunakan jenis tindakan kelas (classroom action research)
yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan teman sejawat. Subjek penelitian
yaitu dua anak tunagrahita sedang kelas D.II (RM dan FB). Penelitian dilaksanakan
dengan menggunakan dua siklus. Siklus I dilakukan 10 kali pertemuan dan siklus II
dilakukan empat kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi, tes dan
dokumentasi dan diolah secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses pembelajaran meningkatkan
kemampuan pra menulis melalui media tiga dimensi ini dilakukan secara bertahap.
Anak dilatih motorik halusnya, menggunakan pensil dari yang berukuran besar
sampai berukuran standar pada umumnya, yang akhirnya bisa menulis dengan baik,
benar dan jelas. 2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil tes awal (asesmen)
kemampuan RM (28.95%) dan FB hanya (23.68%) dari 19 langkah yang ditetapkan.
Siklus I kemampuan RM sebesar (84.21%) dan FB sebesar (76.32%). Sedangkan
siklus II bertambah meningkat, dimana RM memperoleh (97,37% ) dan FB
(94.74%). Dari hasil penyajian data dapat disimpulkan bahwa media tiga dimensi
dapat meningkatkan kemampuan pra menulis anak tunagrahita sedang, maka
disarankan kepada guru agar dapat menerapkan media tiga dimensi dalam
meningkatkan kemampuan pra menulis anak tunagrahita sedang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 17 Oct 2025 07:21
Last Modified: 17 Oct 2025 07:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27121

Actions (login required)

View Item
View Item