Nilai-Nilai Pendidikan dalam Teks Serial Upin dan Ipin Edisi Ramadhan

Wanto, Putra Alfajri (2011) Nilai-Nilai Pendidikan dalam Teks Serial Upin dan Ipin Edisi Ramadhan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_PUTRA_ALFAJRI_WANTO_86394_5098_2011.pdf] Text
final_B1_PUTRA_ALFAJRI_WANTO_86394_5098_2011.pdf

Download (765kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh beragamnya pesan pendidikan
yang terdapat teks serial Upin dan Ipin edisi Ramadhan. Dalam serial ini, nilainilai
pendidikan yang disampaikan tidak secara langsung mengharuskan penonton
untuk mengikutinya. Serial Upin dan Ipin ini menjadi satu dari sedikit serial
kartun yang mendidik di televisi Indonesia.
Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai
pendidikan yang terkandung dalam teks serial Upin dan Ipin edisi Ramadhan.
Nilai-nilai pendidikan tersebut difokuskan ke dalam empat aspek yaitu nilai
pendidikan budi pekerti, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan kecerdasan, dan
nilai pendidikan agama.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Metode
deskriptif ini digunakan untuk memberi gambaran secara jelas dan akurat
mengenai nilai-nilai pendidikan dalam teks serial Upin dan Ipin edisi Ramadhan.
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan menginterpretasikan data
yang ditemukan dalam teks serial Upin dan Ipin edisi Ramadhan. Dalam
menganalisis data, teknik yang digunakan adalah melakukan beberapa tahapan
sebagai berikut: (1) mendeskripsikan data sesuai dengan konsep nilai pendidikan
yang dirumuskan; (2) mengklasifikasikan data; (3) menganalisis data; (4)
menginterpretasikan data untuk memberi makna pada nilai-nilai pendidikan; (5)
mencatat aspek-aspek pendidikan; (6) menarik kesimpulan; dan (7) membuat
laporan penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut. Pertama,
kecenderungan utama dalam teks serial Upin dan Ipin edisi Ramadhan
mengandung nilai-nilai pendidikan budi pekerti, nilai pendidikan kecerdasan, nilai
pendidikan sosial dan nilai pendidikan agama. Kedua, nilai-nilai pendidikan yang
terdapat dalam teks serial Upin dan Ipin edisi Ramadhan berjumlah sembilan
puluh enam (96) buah. Nilai-nilai tersebut adalah nilai pendidikan budi pekerti
dua puluh enam (26) buah yaitu tepat janji, hormat tamu, malu, berani, murah
hati, dan persaudaraan. Nilai pendidikan kecerdasan dua puluh dua (22) buah
yaitu berpikir kritis, logis dan kreatif. Nilai pendidikan sosial dua puluh tujuh (27)
buah yaitu turut merasakan apa yang dirasakan orang lain, sabar, ramah tamah,
sopan santun, tolong menolong, hormat menghormati, mengarahkan pada upaya
menahan diri dari berlaku dan berbuat merugikan, dan pembinaan hubungan baik
antar sesama anggota masyarakat. Nilai pendidikan agama tujuh belas (17) buah
yaitu mengabdi kepada Allah, tunduk dan patuh kepada Allah, bersyukur kepada
Allah, penuh harap kepada Allah, dan takut kehilangan rasa patuh kepada Allah

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: NILAI-NILAI PENDIDIKAN
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 17 Oct 2025 07:21
Last Modified: 17 Oct 2025 07:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27120

Actions (login required)

View Item
View Item