Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) di Kelas IV SDN 05 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Purnawati, Purnawati (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) di Kelas IV SDN 05 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_PURNAWATI_90722_3268_2011.pdf] Text
final_B1_PURNAWATI_90722_3268_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataaan di sekolah bahwa siswa dalam proses
pembelajaran hanya pasif mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru. Dari
segi proses pembelajaran, guru dalam pembelajaran IPS pada umumnya belum
menggunakan pendekatan yang bervariasi. Sehingga siswa beranggapan bahwa
pelajaran IPS hanya pelajaran hafalan. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan
menggunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) di Kelas IV SDN
05 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2010/2011 di SDN
05 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang, dengan subjek
penelitian berjumlah 34 orang, yang terdiri dari siswa laki-laki 15 orang dan siswa
perempuan adalah 19 orang. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan
kuantitatif.
Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Hal ini terlihat dari
pencapaian hasil belajar siswa pada akhir tindakan. Dimana dari aspek kognitif
hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I adalah 60%, siklus I pertemuan II
65%, siklus II pertemuan I 76%, dan siklus II petemuan II 85%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 17 Oct 2025 07:21
Last Modified: 17 Oct 2025 07:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27118

Actions (login required)

View Item
View Item