Angriani, Novi (2011) Perbedaan Penilaian Portofolio Proyek dengan Portofolio Unjuk Kerja dalam Pembelajaran Bervariatif terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa pada Materi Fisika Kelas VIII SMPN 30 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_NOVI ANGRIANI-84121-2011.pdf
Download (406kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pencapaiankompetensi siswa belum mencapai KKM. Penyebabnya adalah proses pembelajaranyang diterapkan di sekolah belum bervariatif dan proses penilaian yang digunakanbelum sesuai dengan tuntunan KTSP, yaitu penilaian berbasis kelas. Penilain yangdigunakan dalam penelitian ini adalah penilaian portofolio proyek dengan portofoliounjuk kerja dalam pembelajaran bervariatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahuiapakah terdapat perbedaan antara penilaian portofolio proyek dengan portofolio unjukkerja dalam pembelajaran bervariatif terhadap pencapaian kompetensi siswa padamateri fisika kelas VIII SMPN 30 Padang. Hipotesis dalam penelitian ini adalahterdapat perbedaan antara penilaian portofolio proyek dengan portofolio unjuk kerjadalam pembelajaran bervariatif terhadap pencapaian kompetensi siswa pada materifisika kelas VIII SMPN 30 PadangJenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Pengambilan sampeldilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling, kelas yang terpilih adalah kelasVIII1 dan kelas VIII3. Alat pengumpul data pencapaian kompetensi siswa pada ranahkognitif adalah tes. Alat pengumpul data pencapaian ranah afektif adalah lembarobservasi afektif, sedangkan pada ranah psikomotor mengolah nilai portofolio proyekdan portofolio unjuk kerja siswa. Analisis data pencapaian kompetensi siswa ranahkognitif dan psikomotor dilakukan dengan uji hipotesis menggunakan uji t pada tarafnyata 0,05, sedangkan pada ranah afektif dalam bentuk grafik.Berdasarkan analisa data pencapaian kompetensi siswa ranah kognitif di kelaseksperimen 1 adalah 76,16 dan di kelas eksperimen 2 adalah 71,29. Data dianalisisdengan melakukan uji hipotesis menggunakan statistik penguji t yang hasilnya th =2,618 dan tt = 1,996 (th>tt). Pada ranah psikomotor didapat kelas eksperimen 1 80,39dan eksperimen 2 adalaah 76,93. Pada ranah afektif kelas menggunakan portofolioproyek lebih tinggi daripada portofolio unjuk kerja. Dengan demikian, hipotesis yangberbunyi terdapat perbedaan antara penilaian portofolio proyek dengan portofoliounjuk kerja dalam pembelajaran bervariatif terhadap pencapaian kompetensi siswamateri fisika kelas VIII diterima pada taraf kepercayan 95%.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PORTOFOLIO, PEMBELAJARAN BERVARIATIF |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 07:21 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 07:21 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27117 |
