Yernalisma, Yernalisma (2009) Penerapan Teknik Group Cloze dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XI SMAN 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_YERNALISMA 63974-05-09.pdf [thumbnail of final_B1_YERNALISMA 63974-05-09.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_YERNALISMA 63974-05-09.pdf
Download (78kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik Group Cloze dalam membaca pemahaman dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI SMAN 2 Padang dengan teknik Group Cloze. Dipilihnya keterampilan membaca sebagai kajian penelitian karena membaca merupakan keterampilan berbahasa yang sangat penting dan juga mendukung keterampilan lainnya. Jenis penelitian ini adalah mixing method atau menggunakan dua pendekatan secara bersama yaitu kualitatif dan kuantitatif dengan metode deskriptif. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI Padang yang terdaftar tahun ajaran 2008/2009. Instrumen yang digunakan berupa pengamatan, angket, dan tes. Pengamatan digunakan untuk mengamati penerapan teknik Group Cloze dalam membaca pemahaman dibantu dengan angket, sedangkan tes digunakan untuk mengukur kemampuan membaca pemahaman siswa dengan teknik Group Cloze, kemudian data dianalisis melalui teknik penganalisisan data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap penerapan teknik group cloze dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI SMAN 2 Padang, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. Pertama, rata-rata penerapan teknik Group Cloze dalam membaca pemahaman siswa kelas XI SMAN 2 Padang berada pada klasifikasi baik. Kedua, teknik Group Cloze dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI SMAN 2 Padang hal ini terlihat dari rata-rata nilai kemampuan membaca pemahaman siswa berada pada klasifikasi baik. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru SMAN 2 Padang agar tetap menerapkan teknik Group Cloze dalam pembelajaran membaca pemahaman karena dengan teknik yang bervariasi dan menarik membuat siswa tidak bosan dalam belajar. selain itu, guru bahasa dan sastra Indonesia terutama guru di SMAN 2 Padang agar lebih kreatif dalam mencari bacaan yang menarik supaya siswa termotivasi untuk membaca dan mampu memahami bacaan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TEKNIK GROUP CLOZE, KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 02:14 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 02:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27107 |