Gustia, Yenti (2011) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Discovery terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMP N 2 Kec. Gunuang Omeh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_YENTI GUSTIA-64488-2011.pdf [thumbnail of final_B1_YENTI GUSTIA-64488-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_YENTI GUSTIA-64488-2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran dengan penyampaian informasi, memberikan contoh, dan mengerjakan latihan kurang menarik bagi siswa. Siswa cenderung bersikap pasif dan kurang terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga hasil belajar fisika siswa rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa adalah melalui penerapan strategi pembelajaran discovery. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh penerapan strategi pembelajaran discovery terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII SMP N 2 kec.Gunuang Omeh. Hipotesis kerja dalam penelitian adalah ”Terdapat perbedaan yang berarti antara hasil belajar siswa kelas VII SMP N 2 Kec. Gunuang Omeh yang pembelajarannya melalui strategi discovery dengan pembelajarannya yang tidak menggunakan strategi discovery”. Jenis penelitian adalah penelitian Quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dari penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 kec.Gunuang Omeh yang terdaftar pada semester I Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, dan terpilih kelas VII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII1 sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa pada ranah kognitif diperoleh dari tes hasil belajar dan data hasil belajar siswa pada ranah afektif diperoleh dari lembaran observasi. Hasil analisis data ranah kognitif menggunakan uji t sedangkan ranah afektif hanya dalam bentuk data kualitatif. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen untuk ranah kognitif adalah 72,42 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol 64,41. Setelah dilakukan uji t diperoleh bahwa thitung = 2,73 dan ttabel = 2,002 (th > tt ), ini berarti thitung berada di luar daerah penerimaan Ho, sehingga hipotesis kerja yang dikemukakan dalam penelitian diterima. Untuk ranah afektif pada kelas eksperimen mempunyai skor rata-rata yaitu 3,64 dengan nilai baik dan pada kelas kontrol adalah 2,57 dengan nilai cukup. Hal ini berarti “Terdapat perbedaan yang berarti antara hasil belajar siswa kelas VII SMP N 2 Kec. Gunuang Omeh yang pembelajarannya melalui Strategi discovery dengan pembelajarannya yang tidak menggunakan strategi discovery”
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY, HASIL BELAJAR FISIKA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 02:13 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 02:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27102 |