Hubungan Pemahaman Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman

Harlisa, Novayanti (2011) Hubungan Pemahaman Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NOVAYANTI_HARLISA_72548_1618_2011.pdf] Text
final_B1_NOVAYANTI_HARLISA_72548_1618_2011.pdf

Download (558kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga hal. Pertama, kurangnyapemahaman siswa terhadap kosakata. Kedua, kemampuan membaca pemahamansiswa di bawah KKM yang ditetapkan. Ketiga kurang bervariasinya teknik yangdigunakan guru dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan pemahaman kosakata siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman,mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMPNegeri 2 Pariaman, dan mendeskripsikan hubungan antara pemahaman kosakatadengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 2Pariaman.Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariamantahun ajar 2010/2011 yang berjumlah 36 orang. Pendekatan yang digunakanadalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data pemahamankosakata dan kemampuan membaca pemahaman dilakukan melalui tes objektifpilihan ganda dengan empat alternatif pilihan jawaban. Data yang terkumpuldianalisis dengan langkah-langkah sebagai berikut ini. Pertama, melakukanpengskoran terhadap tes pemahaman kosakata dan kemampuan membacapemahaman. Kedua, mengubah skor mentah tes pemahaman kosakata dankemampuan membaca pemahaman menjadi nilai. Ketiga, pengelompokan nilaipemahaman kosakata dan nilai kemampuan membaca pemahaman siswaberdasarkan skala 10. Keempat, mengkorelasikan kedua variabel dengan rumuskorelasi Product Moment. Kelima, pengujian hipotesis. Keenam, membahas hasilanalisis dan menyimpulkan hasil pembahasan.Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian, diperoleh simpulan sebagaiberikut. Pertama, sebagian besar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman telahmemahami kosakata. Kedua, sebagian siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariamantelah mampu memahami bacaan yang diberikan. Ketiga, terdapat hubungan yangsignifikan antara pemahaman kosakata dengan kemampuan membaca pemahamansiswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pariaman, dengan demikian dapat disimpulkansemakin banyak kosakata yang dimiliki siswa maka akan terampillah siswa dalammemahami bacaan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMAHAMAN KOSAKATA, KEMAMPUAN MEMBACA
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 17 Oct 2025 02:13
Last Modified: 17 Oct 2025 02:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27098

Actions (login required)

View Item
View Item