Pengembangan E-Modul pada Materi Bilangan Bulat SMP Kelas VII

Indriany, Riza (2021) Pengembangan E-Modul pada Materi Bilangan Bulat SMP Kelas VII. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_RIZA_INDRIANY_16029075_1582_2021.pdf] Text
B1_01_RIZA_INDRIANY_16029075_1582_2021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Situasi belajar yang digunakan saat ini merupakan Pembelajaran Jarak Jauh
(PJJ) namun bahan ajar yang digunakan masih belum memadai. Peneliti bertujuan
untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa E-Modul yang valid dan
praktis pada materi bilangan bulat untuk peserta didik SMP kelas VII. Sehingga emodul
dapat
digunakan
sebagai
sumber
belajar
yang
efektif.

Penelitian

ini merupakan penelitian pengembangan dengan memodifikasi
model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu penelitian
pendahuluan (Preliminary Reseach), pembuatan prototipe (Prototyping Stage), dan
fase penilaian (Assessment Phase). Penelitian pendahuluan terdiri dari analisis
kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis peserta didik.
Pembuatan prototipe terdiri dari prototype 1, prototype 2, dan prototype 3. Pada
prototype 1 dilakukan self evaluation, prototype 2 dilakukan expert review oleh ahli
pendidikan matematika untuk melihat validitas E-Modul yang dikembangkan.
Sedangkan prototype 3 dilakukan one to one evaluation dengan mengujicobakan EModul
yang
sudah
divalidasi
kepada
tiga
orang
peserta
didik
dengan
kemampuan

belajar

yang berbeda. Kepraktisan E-Modul dilihat melalui hasil angket
praktikalitas terhadap respon peserta didik setelah one to one evaluation.
Berdasarkan hasil analisis data validitas menunjukkan bahwa E-Modul dari
aspek Self Instructional, Materi Pembelajaran, Stand Alone , User friendly,
Tampilan, Media Elektronik, Pemanfaatan Multimedia, Penggunaan Software,
Desain E-Modul, dan Adaptif mempunyai tingkat validitas 84% dengan kategori
sangat valid. E-Modul juga memenuhi kriteria praktis dari hasil angket dan
wawancara. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa E-Modul pada
materi bilangan bulat untuk peserta didik SMP kelas VII dapat dinyatakan valid dan
praktis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 16 Oct 2025 09:19
Last Modified: 16 Oct 2025 09:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27097

Actions (login required)

View Item
View Item