Pengaruh Penerapan Strategi Systematic Approach To Solve Problem (SASP) Berbantukan Key Relation Chart (KR Chart) pada Proses Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X SMAN 5 Padang

Saputera, Wira (2011) Pengaruh Penerapan Strategi Systematic Approach To Solve Problem (SASP) Berbantukan Key Relation Chart (KR Chart) pada Proses Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X SMAN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_WIRA SAPUTERA-46783-2011.pdf] Text
final_B1_WIRA SAPUTERA-46783-2011.pdf

Download (272kB)

Abstract

Latarbelakang dari penelitian ini tingginya ketergantungan siswa terhadap
guru, hal ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan
masalah sehingga berakibat rendahnya hasil belajar fisika. Untuk mengurangi
ketergantungan tersebut maka diterapkan strategi Systematic Approach To Solve
Problem (SASP) berbantukan Key Relation Chart (KR Chart). Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi Systematic Approach To
Solve Problem (SASP) berbantukan Key Relation Chart (KR Chart) terhadap hasil
belajar fisika siswa kelas X SMAN 5 Padang. Hipotesis penelitian adalah terdapat
pengaruh yang berarti penerapan strategi Systematic Approach To Solve Problem
(SASP) berbantukan Key Relation Chart (KR Chart) terhadap hasil belajar fisika
siswa kelas X SMAN 5 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimental dengan rancangan
penelitian menggunakan model Randomize Control Group Only Design. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 5 Padang yang terdaftar pada
tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 10 kelas. Sampel diambil menggunakan teknik
purposive random sampling, dan ditetapkan kelas X6 sebagai kelas kontrol dan
kelas X9 sebagai kelas eksperimen.
Dari hasil penelitian diperoleh data berupa hasil belajar ranah kognitif dan
ranah afektif. Hasil belajar ranah kognitif dengan uji kesamaan dua rata-rata
menggunakan uji statistik t diperoleh harga t = −2,5718 dan harga ttabel = −2,66
pada taraf nyata 0,05. Sedangkan uji kesamaan dua rata-rata untuk hasil belajar
ranah afektif adalah t = −4,38 dengan harga ttabel = −2,66 pada taraf nyata 0,05.
Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar fisika kedua kelas sampel
berbeda, hipotesis nol (H0) ditolak sehingga hipotesis kerja (Hi) diterima. Dari
hasil belajar ranah kognitif dan hasil belajar ranah afektif diperoleh rata-rata hasil
belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi Systematic
Approach To Solve Problem (SASP) berbantukan Key Relation Chart (KR Chart)
terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 5 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 16 Oct 2025 08:13
Last Modified: 16 Oct 2025 08:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27095

Actions (login required)

View Item
View Item