Lolyta, Windy (2011) Penerapan Project Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sungai Rumbai. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_WINDY LOLYTA-65920-2011.pdf [thumbnail of final_B1_WINDY LOLYTA-65920-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_WINDY LOLYTA-65920-2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
Rendahnya kreativitas belajar siswa diprediksi disebabkan strategi
pembelajaran yang diterapkan guru belum mendorong berkembangnya kreativitas
siswa. Oleh sebab itu dalam pembelajaran fisika perlu diterapkan suatu strategi yang
dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa. Salah satu strategi yang tepat adalah
project based learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
penerapan Project Based Learning (PBL) terhadap peningkatan kreativitas belajar
fisika dan hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Research)
dengan rancangan penelitian berupa One Group Pretest-Posttest Design. Populasi
dalam penelitian ini adalah semua siswa pada kelas VIII di SMPN 1 Sungai Rumbai
yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011 . Kelas sampel ditentukan melalui teknik
satu kelas penelitian dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan
data penelitian berupa angket untuk kemampuan berfikir kreatif yang dilakukan di
awal dan di akhir pembelajaran serta data hasil tes tertulis hasil belajar pada akhir
pembelajaran. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji korelasi r dan uji
keberartian niali r yaitu uji t pada taraf nyata 0,05 untuk kemampuan berfikir kreatif
dan hasil belajar siswa.
Dari hasil penelitian didapat data berupa hasil kemampuan berfikir kreatif
dan hasil belajar . Untuk kelas sampel diperoleh nilai rata-rata berpikir kreatif awal
61 sedangkan nilai rata-rata berpikir kreatif akhir 65.4 dan nilai rata-rata hasil belajar
akhir 60,7. Dari perhitungan uji korelasi diperoleh nilai r kreativitas awal dengan
akhir adalah 0,97. Nilai r untuk kreativitas akhir dengan hasil belajar akhir yaitu juga
0,97. Nilai t untuk kreativitas awal dengan kreativitas akhir yaitu thitung = 8,63 dan
ttabel = 1,99. Dan nilai t untuk kreativitas akhir dengan hasil belajar akhir yaitu thitung
= 89,9 dan ttabel = 2.04 pada taraf nyata 0,05 sehingga thitung > ttabel berarti hipotesis
diterima. Artinya terdapat pengaruh yang berarti kreativitas belajar fisika siswa
menggunakan model Project Based Learning (PBL) pada kemampuan berfikir kreatif
dan hasil belajar
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 08:13 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 08:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27092 |