Kurniati, Riska (2021) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Mengatasi Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Tahapan Kastolan di Kelas VIII SMP Negeri 3 Kec. Pangkalan Koto Baru. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_RISKA_KURNIATI_17029043_327_2022.pdf [thumbnail of B1_01_RISKA_KURNIATI_17029043_327_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_RISKA_KURNIATI_17029043_327_2022.pdf
Download (6MB)
Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting untuk dikuasai
oleh peserta didik. Namun pada kenyataannya banyak peserta didik yang
melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik
dalam menyelesaikan soal matematika dan mendeskripsikan bagaimana dampak
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT)
terhadap kesalahan tersebut. Kesalahan yang diteliti didasarkan pada jenis-jenis
kesalahan menurut tahapan Kastolan yang meliputi kesalahan konsep, kesalahan
prosedur dan kesalahan teknik.
Jenis penelitian ini adalah pra-experiment (pra-eksperimen) dan deskriptif.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara.
Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik yaitu membandingkan data
hasil tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data,
penyajian data, dan verifikasi data. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta
didik kelas VIII.1 SMPN 3 Kec. Pangkalan Koto Baru tahun pelajaran 2021/2022
yang berjumlah 24 orang. Kemudian dipilih enam orang subjek penelitian untuk
di wawancarai. Subjek penelitian di ambil dari tiga kelompok yaitu kelompok
tinggi, sedang, dan rendah. Masing-masing kelompok tersebut diambil dua orang
sebagai perwakilan yang diwawancarai.
Hasil penelitian diperoleh bahwa subjek penelitian melakukan (a) kesalahan
konseptual berupa peserta didik tidak dapat memilih rumus dan tidak dapat
menerapkan rumus tersebut dengan benar. Persentase kesalahan sebesar 60,78% ,
(b) kesalahan prosedural berupa peserta didik tidak dapat menyelesaik an soal
sampai pada bentuk paling sederhana sehingga perlu dilakukan langkah-langkah
lanjutan, dan ketidaksesuaian langkah penyelesaian soal yang diperintahkan
dengan langkah-langkah penyelesaian yang dilakukan peserta didik. Persentase
kesalahan sebesar 23,53% ,(c) kesalahan teknik berupa peserta didik melakukan
kesalahan dalam penulisan dan perhitungan dengan persentase kesalahan sebesar
15,69 %.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 08:12 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 09:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27080 |