Iryani, Novaria (2009) Kemampuan Menulis Karangan Narasi Ekspositoris dengan Mengubah Teks Wawancara Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NOVARIA IRYANI 48055-04-09.pdf [thumbnail of final_B1_NOVARIA IRYANI 48055-04-09.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NOVARIA IRYANI 48055-04-09.pdf
Download (394kB)
Abstract
Penelitian ini membahas kemampuan mengubah teks wawancara menjadi karangannarasi ekspositoris siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang. Tujuan penelitian iniadalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa menulis karangan narasi ekspositorisdengan mengubah teks wawancara. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif denganmetode deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes mengubah tekswawancara menjadi karangan narasi ekspositoris kepada sampel. Sampel penelitianberjumlah 30 orang yang diambil dari 20 % jumlah porporsi siswa di sekolah. Kelas yangdiambil untuk sample penelitian adalah kelas VII A sampai kelas VII E.Data penelitian ini adalah berupa hasil ubahan teks wawancara menjadi karangannarasi ekspositoris siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang. Tes yang diberikanadalah berupa mengubah teks wawancara menjadi karangan narasi ekspositorisberdasarkan ciri-ciri karangan narasi ekspositoris, berupa memperluas pengetahuan,menyampaikan informasi mengenai suatu kejadian, menggunakan penalaran untukmencapai kesepakatan rasional dengan menggunakan bahasa yang cenderung informatifdengan titik berat pada penggunaan kata-kata denotatif.Dari hasil penelitian disimpulkan hal-hal berikut ini. Pertama, kemampuan siswamenulis karangan narasi ekspositoris dengan mengubah teks wawancara oleh siswa kelasVII SMP Negeri 2 Padang Panjang untuk Indikator A (tulisan yang dapat memperluaspengetahuan) berada pada kualifikasi baik dengan rata-rata kemampuan siswa 82. Kedua,kemampuan siswa menulis karangan narasi ekspositoris dengan mengubah tekswawancara oleh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang untuk Indikator B(menyampaikan informasi mengenai suatu kejadian secara kronologis) berada padakualifikasi baik dengan rata-rata kemampuan siswa 78,67. Ketiga, kemampuan siswamenulis karangan narasi ekspositoris dengan mengubah teks wawancara oleh siswa kelasVII SMP Negeri 2 Padang Panjang untuk Indikator C (menggunakan penalaran untukmencapai kesepakatan rasional) berada pada kualifikasi baik dengan rata-ratakemampuan siswa 80. Keempat, kemampuan siswa menulis karangan narasi ekspositorisdengan mengubah teks wawancara oleh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjanguntuk Indikator D (menggunakan bahasa yang cenderung informatif dengan titik beratpada penggunaan kata-kata denotatif) berada pada kualifikasi baik dengan rata-ratakemampuan siswa 76,67.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN MENULIS, KARANGAN NARASI, TEKS WAWANCARA |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 08:11 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 08:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27076 |