Pengaruh Penerapan Model Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Dalam Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Padang

Verowita, Winda (2012) Pengaruh Penerapan Model Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Dalam Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_WINDA VEROWITA.pdf] Text
final_B1_WINDA VEROWITA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMPN 3 Padang, pemahaman
konsep matematika siswa kelas VII belum berkembang dengan optimal. Hal ini
terlihat dari siswa yang cenderung pasif, dan kurang memahami konsep. Salah satu
cara yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa yaitu dengan
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik daripada
pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran
konvensional.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang rancangannya adalah
Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Padang tahun pelajaran 2011/2012. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik random sampling sehingga terpilih kelas VII 2
sebagai kelas eksperimen dan VII 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay. Untuk melihat pemahaman konsep
matematika siswa digunakan rubrik penskoran. Data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan uji t-tes pada taraf nyata .
Dari analisis tes pemahaman konsep, diperoleh rata-rata nilai kelas
eksperimen adalah 81,08 dan kelas kontrol 73,05, sehingga tes pemahaman konsep
matematika kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Dari hasil pengujian
hipotesis diperoleh nilai P = 0,003 lebih kecil dari taraf nyata 0,05. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika
siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
TPS lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan
pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 16 Oct 2025 08:11
Last Modified: 16 Oct 2025 08:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27068

Actions (login required)

View Item
View Item