Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak melalui Permainan Kotak Penting di TK Lundang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam.

Yenti, Nova (2011) Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak melalui Permainan Kotak Penting di TK Lundang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NOVA_YENTI_79180_2011.pdf] Text
final_B1_NOVA_YENTI_79180_2011.pdf

Download (155kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil perkembangan bahasa anakpada tahun sebelumnya tepatnya tahun pelajaran 2010/ 2011 yangmenunjukkan kemampuan anak dalam berbahasa cukup rendah. Penelitianini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan berbahasa anak usiadini pada kelompok B TK Lundang Ampek Angkek Kabupaten Agamdalam kemampuan berbahasa anak dalam 1) Menceritakanpengalaman/kejadian sederhana dengan urut, 2) Memberikanketerangan/informasi terhadap sesuatu benda, 3) Mengungkapkan perasaanterhadap suatu benda, yang dilakukan dengan menggunakan media kotakpenting.Jenis dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, Subjek daripenelitian ini adalah anak dari kelompok B, TK Lundang KecamatanAmpek Angkek Kabupaten Agam, Tahun Pelajaran 2010/2011, denganjumlah 17 orang Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus denganrentang waktu selama 2 bulan dan jumlah pertemuan sebanyak 6 kalipertemuan tiap siklusnya. Tiap siklus terdapat 4 langkah penelitian 1)Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, 4) Perenungan. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah melakukan observasi langsung kekelompok B dan tes perbuatan untuk data digunakan alat berupa pedomanobservasi dengan hasil tes kemampuan. Teknik analisis data yaitu analisisdengan menggunakan rumus persentase berdasarkan evaluasi penilaian.Temuan penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuanberbahasa anak, ini dapat dibuktikan dari hasil persentase siklus I tentang:1) Menceritakan Pengalaman / kejadian sederhana dengan urut, anak dapatmenceritakan pengalaman tentang benda yang terdapat dalam kotak, 2)Memberikan Keterangan / informasi terhadap suatu benda mengalamipeningkatan sangat baik, 3) Mengungkapkan perasaan terhadap suatu benda,dimana anak dapat mengungkapkan perasaan mereka setelah bermain kotakpenting. Tebukti hasil persentase meningkat siklus I ke siklus II makapertanyaan penelitian terjawab bahwa melalui permainan kotak pentingdapat meningkatkan kemampuan bahasa anak dini. Saran dari penelitian iniagar guru dapat menggunakan media kotak penting sebagai media untukmengembangkan kemampuan anak dalam berbahasa. dan juga diharapkanagar orang tua juga dapat melakukan kegiatan bermain dengan kotakpenting di rumah baik dengan menggunakan sebagai permainan bahasasebagai upaya mengembangkan bahasa anak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN BAHASA ANAK, PERMAINAN KOTAK
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 16 Oct 2025 04:47
Last Modified: 16 Oct 2025 04:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27056

Actions (login required)

View Item
View Item