Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Metode Value Clarification Technigue (VCT) di Kelas II SD Negeri 37 Pagambiran Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang.

Vetnoningsih, Nova (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Metode Value Clarification Technigue (VCT) di Kelas II SD Negeri 37 Pagambiran Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NOVA_VETNONINGSIH_09713_3489_2011.pdf] Text
final_B1_NOVA_VETNONINGSIH_09713_3489_2011.pdf

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kenyataan dilapangan pembelajaran di kelas II Sekolah Dasar (SD) belummenggunakan metode Value Clarification Technigue (VCT).Berdasarkan pengamatan peneliti di SD Negeri 37 PagambiranKecamatan Lubuk Begalung Kota Padang bahwa guru kelas II SDmengajarkan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) seringmenggunakan model pembelajaran konvensional, dimana guru selalumenjadi pusat pembelajaran (teaching centered) sehingga hasil belajarsiswa belum sesuai yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalahmendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang pembelajaranPKn dengan menggunakan metode VCT untuk meningkatkan hasilbelajar PKn yang meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan yangterdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir, dan (3)hasil belajar.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yangterdiri dari dua siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan,tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini berupainformasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh darihasil pengamatan, hasil wawancara, dan tes. Subjek peneliti adalahguru, peneliti (praktisi) dan siswa kelas II yang berjumlah 29 orang.Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis datakualitatif dan kuantitatif.Hasil belajar Pendidikan kewarganegaraan (PKn) siswa denganmenggunakan metode Value Clarification Technigue (VCT) padasiklus I dan II mengalami peningkatan di mana nilai rata-rata padasiklus I pertemuan I diperoleh rata-rata 69%, siklus I Pertemuan IIrata-rata 80%, dan pada siklus II pertemuan I rata-rata 97%, siklus IIpertemuan II 98%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwapembelajaran PKn dengan menggunakan metode VCT dapatmeningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas II.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 16 Oct 2025 04:45
Last Modified: 16 Oct 2025 04:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27050

Actions (login required)

View Item
View Item