Pengaruh Penggunaan Modul Sosiologi Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas X SMA N 1 Sitiung

Huriyani, Wilda (2011) Pengaruh Penggunaan Modul Sosiologi Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas X SMA N 1 Sitiung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_WILDA_HURIYANI_79524_2011.pdf] Text
final_B1_WILDA_HURIYANI_79524_2011.pdf

Download (6MB)

Abstract

Hasil belajar Sosiologi siswa kelas X SMA N 1 Sitiung masih di bawah
kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan. Hal ini disebabkan oleh
beberapa hal, diantaranya pembelajaran terpusat pada guru (teacher centered),
sumber belajar (buku) masih belum mencukupi, sehingga mengakibatkan siswa
kurang aktif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi masalah di atas, peneliti
menggunakan modul dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penggunaan modul terhadap hasil belajar Sosiologi siswa di
kelas X SMAN 1 Sitiung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian
eksperimen dengan desain penelitian “Formula Control Group Pretest-Postest
Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Sitiung.
Pengambilan sampel dengan memakai teknik “Cluster Random Sampling”, yang
terdiri dari dua lokal, kelas kontrol adalah X1 dan kelas eksperimen X5. Data
diperoleh melalui melalui pretest dan posttest, yang telah diuji validitasnya.
Setelah dianalisa di peroleh rata-rata hasil belajar Sosiologi kelas eksperimen
adalah 19,86, sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 15,6. Pengolahan
data test dilakukan dengan menggunakan uji t. Diperoleh thitung = 2,78 dengan taraf
nyata α = 0,05 dan df = 58, sedangkan ttabel = 2.00 karena thitung > ttabel maka hipotesis
nol (H0) ditolak dan (H1) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran dengan modul dapat meningkatkan hasil belajar Sosiologi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pengindraan Jauh dan Sistem Informasi Geografis-D4
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 16 Oct 2025 03:21
Last Modified: 16 Oct 2025 03:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27039

Actions (login required)

View Item
View Item