Muthoharatunnisa, Muthoharatunnisa (2021) Pengembangan Lemba Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Konsep Map Menggunakan Model Modified Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Gelombang SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_MUTHOHARATUNNISA_16033019_1092_2021.pdf [thumbnail of B1_05_MUTHOHARATUNNISA_16033019_1092_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_MUTHOHARATUNNISA_16033019_1092_2021.pdf
Download (7MB)
Abstract
Rendahnya kemampuan berpikir berpikir kreatif siswa di Indonesia,
merupakan hal yang harus menjadi perhatian khususnya dalam dunia pendidikan.
Untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif tersebut siswa perlu
difasilitasi dengan perangkat pembelajaran yang menunjang. Salah satunya dengan
adanya LKPD berbasis konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan
validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis konsep map menggunakan
model modified inquiry.
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) berbasis konsep map menggunakan model modified inquiry pada
materi gelombang SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian dan pengembangan dengan menggunakan tahapan 4D yang
dikembangkan oleh Thiagarajan. Pada penelitian ini akan dibatasi sampai tahapan
develop, sehingga hanya melalui 3 tahapan yaitu define, design, dan develop. Objek
yang digunakan dalam penelitian ini adalah LKPD berbasis konsep map model
modified inquiry.
Data yang didapatkan dari penelitian ini berasal dari uji validitas melalui
lembar validitas. Lembar validitas berisi empat komponen yang dinilai oleh tiga
validator. Data yang didapatkan dari para validator diolah menggunakan persamaan
moment kappa (k), dan didapatkan hasil 0,70 yang termasuk dalam kategori tinggi.
Ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis konsep map menggunakan model modified inquiry pada materi gelombang SMA adalah valid.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Modified Inquiry |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 03:19 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 03:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27032 |