Kontribusi Pemanfaatan Media Internet dalam Penyelesaian Tugas dan Disiplin Belajar Siswa untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kuranji Padang

Hayati, Wilda (2011) Kontribusi Pemanfaatan Media Internet dalam Penyelesaian Tugas dan Disiplin Belajar Siswa untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kuranji Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_WILDA HAYATI-08246-2012.pdf] Text
final_B1_WILDA HAYATI-08246-2012.pdf

Download (487kB)

Abstract

Berdasarkan fenomena yang terlihat dilapangan dalam proses belajar
mengajar di kelas IX MTsN Kuranji Padang , diperoleh data bahwa dari 200 siswa
yang ada, lebih dari 55% siswa memperoleh nilai rata-rata < 65 dan hanya
sebagian siswa yang mendapatkan nilai rata-rata ≥ 65. Hal ini diduga karena
faktor minat belajar dan lingkungan belajar. Kriteria penilaian pada kurikulum
SMP tahun 2004 menyatakan bahwa batas nilai minimum untuk hasil belajar
kategori baik ditetapkan dengan nilai 65.Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengungkapkan : (1) Besarnya kontribusi pemanfaatan media internet dalam
pemberian tugas terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi siswa
kelas IX MTsN Kuranji Padang Tahun Pelajaran 2010/2011, (2) Besarnya
kontribusi disiplin belajar terhadap hasil belajar teknologi informasi dan
komunikasi siswa kelas IX MTsN Kuranji Padang Tahun Pelajaran 2010/2011,
(3) Besarnya kontribusi pemanfaatan media internet dalam penyelesaian tugas
dan disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar teknologi informasi dan
komunikasi siswa kelas IX MTsN Kuranji Padang Tahun Pelajaran 2010/2011.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional.
Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX MTsN Kuranji Padang Tahun
Pelajaran 2010/2011 sebanyak 50 siswa yang diambil dari populasi dengan teknik
propotional random sampling. Data pemanfaatan media internet dalam pemberian
tugas dan disiplin belajar siswa diperoleh melalui angket model skala likert. Data
yang terkumpul dianalisis dengan statistik analisis korelasi sederhana dan korelasi
ganda menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS)
Versi 15.0. Hasil penelitian ditemukan bahwa : (1) Terdapat kontribusi
pemanfaatan media internet dalam penyelesaian tugas terhadap hasil belajar siswa
kelas IX MTsN Kuranji Padang secara signifikan sebesar 26,83% (2) Terdapat
kontribusi disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTsN Kuranji
Padang secara signifikan sebesar 25,60% (3) Terdapat kontribusi pemanfaatan
media internet dalam penyelesaian tugas dan disiplin belajar siswa terhadap hasil
belajar siswa kelas IX MTsN Kuranji Padang secara signifikan sebesar 34,0%
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media internet dalam
penyelesaian tugas dan disiplin belajar merupakan dua faktor yang turut
menyumbang terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTsN Kuranji Padang Tahun
Pelajaran 2010/2011. Hal ini berarti semakin baik pemanfaatan media internet
dalam penyelesaian tugas dan disiplin belajar maka hasil belajar siswa pun akan
cenderung semakin baik, begitu pula sebaliknya

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Internet, Tugas, Disiplin Belajar, Hasil Belajar
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 16 Oct 2025 02:59
Last Modified: 16 Oct 2025 09:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27022

Actions (login required)

View Item
View Item