Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Quantum Learning pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas X SMA Negeri 2 Padang

Desiwati, Trisny (2009) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Quantum Learning pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas X SMA Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_TRISTY_DESWATI_78954_2009.pdf] Text
final_B1_TRISTY_DESWATI_78954_2009.pdf

Download (203kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui penerapan Quantum Learning pada siswa kelas X di SMA N 2 pada semester I Tahun Pelajaran 2009/2010 Padang. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui penerapan Quantum Learning dengan menciptakan lingkungan belajar nyaman dan menyenangkan pada siswa kelas X 5 SMA N 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X 5 5 yang berjumlah sebanyak 32 orang siswa dan terdiri dari 19 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi yang digunakan untuk melihat perubahan aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II dan melalui pemberian tes untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran TI&K di Kelas X SMA Negeri 2 Padang mengalami peningkatan dari Siklus I ke siklus II. Pada siklus I aktifitas siwa dilihat dari lembar observasi 72,75% setelah dilanjutkan ke siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi 94,63%. Dengan meningkatnya aktifitas siswa ternyata hasil belajar siswa juga meningkat dari 46,88% menjadi 90,63%. Jadi dengan menerapkan strategi Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X 5 SMA Negeri 2 Padang. Penerapan Quantum Learning tidak lepas dari penerapan Quantum Teaching yaitu Guru. Guru sebagai teladan dalam kesuksesan siswa sebagai pelajar. Quantum Learning menciptakan lingkungan belajar nyaman dan menyenangkan, dalam bentuk suasana nyaman, cukup penerangan, enak dipandang, pengharum ruangan dan ada musiknya. Interaksi yang diberikan guru dapat dilakukan dengan wawasan luas, pengalaman yang dimiliki, dan pemberian pujian setiap kegiatan siswa. Sehingga penerapan Quantum Learning dapat terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Menerapkan Strategi Pembelajaran Quantum Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 16 Oct 2025 02:58
Last Modified: 16 Oct 2025 09:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27012

Actions (login required)

View Item
View Item