Pengaruh Penggunaan Pendekatan ORID (Objective, Reflective, Interpretative, Decisional) terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran TIK Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Susanti, Yenita (2011) Pengaruh Penggunaan Pendekatan ORID (Objective, Reflective, Interpretative, Decisional) terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran TIK Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_YENITA_SUSANTI-07343-2011.pdf] Text
final_B1_YENITA_SUSANTI-07343-2011.pdf

Download (836kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan pendekatan ORID terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran TIK siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan, dengan rumusan masalah : “Adakah hasil belajar TIK siswa menggunakan pendekatan ORID lebih baik dari hasil belajar TIK siswa yang belajar dengan metode konvensional pada kelas VII SMP Negeri 1 Lengayang. Penelitian difokuskan pada penggunaan pendekatan ORID, siswa mampu mengemukakan pendapat, mempertahankan bahan diskusi dan siswa juga belajar menerima pendapat orang lain yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk quasy eksperimen. Populasi penelitian yaitu kelas VII di SMP Negeri 1 Lengayang. Teknik pengambilan sampel yaitu purposif sampling. Sampel penelitian yaitu kelas VII.2 yang berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Alat pengumpulan data menggunakan tes. Alat pengumpulan menggunakan lembar soal yang berbentuk objektif dan essay. Data diolah dengan menggunakan t - test. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas yang belajar dengan menggunakan pendekatan ORID yaitu 74,58 lebih tinggi dari nilai rata- rata kelas yang belajar dengan metode konvensional yaitu 66,67. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan t - tes diperoleh Zhitung lebih besar dari ttabel (4,08 > 2,000). Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pendekatan ORID dengan yang menggunakan metode konvensional pada taraf signifikan α 0,05. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan hasil belajar siswa melalui penggunaan pendekatan ORID berpengaruh/terhadap hasil belajar pada mata pelajaran TIK kelas VII.2 di SMP Negeri 1 Lengayang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENDEKATAN ORID (OBJECTIVE, REFLECTIVE, INTERPRETATIVE, DECISIONAL)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 16 Oct 2025 02:57
Last Modified: 16 Oct 2025 02:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27009

Actions (login required)

View Item
View Item