Pengaruh Penerapan Media Weblog dengan Konten Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus pada SMK Negeri 6 Padang)

Sari, Mustika (2014) Pengaruh Penerapan Media Weblog dengan Konten Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus pada SMK Negeri 6 Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_Mustika_ Sari _13983_1389_2014.pdf] Text
B1_05_Mustika_ Sari _13983_1389_2014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan
dilapangan yaitu di SMK Negeri 6 Padang, masih banyaknya siswa kelas X JB
yang memperoleh hasil belajar di bawah standar Kriteria Ketuntasan Minimum
(KKM) pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi
(KKPI) yang ditetapkan sekolah. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar
siswa diantaranya model pembelajaran, motivasi siswa, serta strategi belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media weblog
dengan konten flash pada model pembelajaran langsung mata pelajaran
Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI).
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen untuk melihat
perbandingan hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X JB
SMK Negeri 6 Padang pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik
pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Kelas
eksperimen adalah kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan media
weblog dengan konten flash pada model pengajaran langsung dan kelompok
kontrol adalah kelas yang hanya menggunakan model pengajaran langsung saja. Data dikumpulkan dari tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) berupa soal
objektif sebanyak 30 butir soal, yang kemudian dianalisis untuk uji homogenitas,
uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki ratarata tes akhir yakni 78,2 sedangkan rata-rata tes akhir kelas kontrol yaitu 69,5.
Nilai rata-rata gain kelas eksperimen sebesar 26,6 dan gain kelas kontrol sebesar
15,9. Berdasarkan hasil uji hipotesis perbandingan rata-rata gain kedua kelas,
diperoleh koefisien thitung lebih besar daripada ttabel (6,511>1,671) dengan
koefisien p-value adalah 0.000 lebih kecil daripada taraf signifikansi (0,05), maka
hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima, sehingga dapat
disimpulkan bahwa penerapan media weblog dengan konten flash pada model
pembelajaran langsung memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar
siswa dibandingkan dengan penggunakan model pembelajaran langsung saja.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 16 Oct 2025 02:57
Last Modified: 16 Oct 2025 02:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27007

Actions (login required)

View Item
View Item