Pengaruh Penggunaan Strategi Personalized System of Instruction (PSI) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA N 1 Painan

Bulan, Purnama (2011) Pengaruh Penggunaan Strategi Personalized System of Instruction (PSI) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA N 1 Painan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_PURNAMA_BULAN_78936_2011.pdf] Text
final_B1_PURNAMA_BULAN_78936_2011.pdf

Download (858kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan
yaitu kurangnya motivasi siswa mengikuti pembelajaran, dan rendahnya hasil belajar
siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA N I Painan
.Melihat hal tersebut maka dibutuhkan strategi yaitu Strategi Personalized System of
Instruction (PSI) untuk melihat apakah penerapan strategi PSI ini dapat
mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana
pengaruh penggunaan Strategi Personalized System of Instruction (PSI) terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA
N 1 Painan.
Pendekatan penelitian ini dilakukan dalam kuantitatif dengan bentuk quasy
eksperimen dengan melaksanakan pembelajaran menggunakan strategi Personalized
System of Instruction (PSI) pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional
pada kelas kontrol. Populasia dalah siswa kelas XI SMA N 1 Painan. Teknik
pengambilan sampel yang dipergunakan adalah purposive sampling, jenis data Primer
dan sumber data dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS3 dan kelas XI IPS4. Untuk
menganalisis data yang telah diperoleh dipergunakan uji perbedaan t-test dalam
mengolah data.
Dari penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil analisisnya
adalahthitung= 2,53 dan ttable=2,000 pada taraf signifikan 0,05, jadi dalam hasil analisis
ini thiting besar dari ttabel.. Dengan demikian penggunaan Strategi Personalized System
of Instruction (PSI) berpengaruh terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas XI SMA N I Painan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PERSONALIZED SYSTEM OF INSTRUCTION
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 16 Oct 2025 01:39
Last Modified: 16 Oct 2025 01:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26997

Actions (login required)

View Item
View Item