Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Latihan Terbimbing pada Pembelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) di SMK Adi Karya Ranah Pesisir

Rohani, Puji (2009) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Latihan Terbimbing pada Pembelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) di SMK Adi Karya Ranah Pesisir. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_PUJI_ROHANI_78988_2009.pdf] Text
final_B1_PUJI_ROHANI_78988_2009.pdf

Download (140kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena-fenomena yang ditemui di
sekolah-sekolah bahwa pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan
Informasi (KKPI) sering sulit dipahami siswa terutama pada pokok bahasan
aplikasi data spreadsheet. Biasanya siswa kesulitan dalam mengerjakan
latihan yang diberikan saat melaksanakan praktek. Hal ini ditandai dengan
rendahnya aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh siswa. Oleh sebab itu
penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah dengan cara memberikan
latihan terbimbing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Satu
cara pemecahanya adalah dengan melakukan penelitian tindakan kelas.
Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah PTK untuk
mempermudah siswa mengerjakan latihan dan dapat meningkatkan aktivitas
serta hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah kelas XI Teknik Listrik
Pemakaian di SMK Adi Karya Ranah Pesisir yang berjumlah 20 orang.
Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah pedoman
observasi dan lembaran tes hasil belajar. Data yang terkumpul diolah dengan
menggunakan rumus persentase keaktivan siswa P= f/NX100%. Analisis data
menggunakan metode deskriptif komparatif yaitu dengan membandingkan
hasil belajar siswa yang di capai pada siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dengan melakukan
bimbingan saat mengerjakan latihan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa. Dari analisis observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I
hanya mencapai 53,32% mengalami peningkatan menjadi 81,9% pada siklus
II, indikator aktivitas yang dituntut sebesar 80%. Ketuntasan belajar yang
dapat diperoleh siswa pada siklus I, 70% meningkat menjadi 85% pada siklus
II, sedangkan ketuntasan yang diharapkan adalah 75%. Dengan demikian
nilai rata-rata kelas juga meningkat dari 5,30 pada siklus I menjadi 7,20 pada
siklus II. Hasil ini membuktikan bahwa meggunakan metode latihan
terbimbing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI
Teknik Listrik Pemakaian pada mata pelajaran KKPI. Hasil penelitian ini
diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi para guru dan peneliti lain
dalam melaksanakan tugas pembelajaran

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: METODE LATIHAN TERBIMBING
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 15 Oct 2025 09:49
Last Modified: 15 Oct 2025 09:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26993

Actions (login required)

View Item
View Item